Analisis Teks Dalam Pemberitaan Tempo Dengan Judul “Saat Putusan MA terkait Batas Usia Calon Kepala Daerah Dihujani Kritik”

Maulana, M Daffa (2024) Analisis Teks Dalam Pemberitaan Tempo Dengan Judul “Saat Putusan MA terkait Batas Usia Calon Kepala Daerah Dihujani Kritik”. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI M Daffa Maulana NIK 172050374.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI M Daffa Maulana NIK 172050374.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI M Daffa Maulana NIK 172050374.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI M Daffa Maulana NIK 172050374.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA SKRIPSI M Daffa Maulana NIK 172050374.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahaan Skripsi M Dafa M 172050374.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Media massa adalah sebuah sarana komunikasi yang dapat menyalurkan informasi untuk khalayak, media itu sendiri biasanya dipahami sebagai alat yang tersusun untuk melakukan komunikasi kepada publik dengan jangkauan yang luas serta dalam waktu yang sangat cepat. Media tidak hanya menyampaikan informasi berita tapi menyampaikan tujuan, sebagai alat menekan kelompok lain, penyebaran ideologi, serta mengkonstruksi realitas. Peneliti akan mencoba menganalisa artikel ini dengan menggunakan metode Teun Van Dijk. Tujuan dari Peneliti menggunakan analisis wacana kritis model metode Van Dijk adalah apakah isi berita memiliki tujuan tertentu serta mengetahui ideologi dari penulis berita. Dengan begitu pesan dan tujuan atas penyampaian kepada masyarakat dapat diketahui. Dalam analisis wacana van Dijk digambarkan mempunyai tiga dimensi/bagunan yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Inti dari analisis van Dijk ini ialah menggabungkan ketiga dimensi wacana tersebut ke dalam satu kesatuhan analisis. Van Dijk melihat suatu wacana terdiri atas berbagai struktur/tingkatan, yang masing-masing bagian saling mendukung. Van dijk membagi analisis wacana dalam dimensi teks ke dalam tiga tingkatan, yakni Strutur Makro, Superstruktur dan Struktur Mikro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Alasan menggunakan metode kualitatif karena metode ini lebih fokus pada representasi terhadap fenomena sosial yang bersifat unik dan kompleks. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kecenderungan Tempo.co dalam mengkonstruksi realitas sesuai dengan pandangan wacana dominan merupakan representasi dari praktik hegemoni media. Hal ini dapat dinilai melalui bagaimana media memproduksi basis kebenaran dengan bias dan pemihakannya sehingga tidak menyisakan ruang bagi perspektif yang berbeda untuk diketahui publik..

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:27
Last Modified: 07 Oct 2024 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72294

Actions (login required)

View Item View Item