Kontribusi Sea Shepherd Conservation Society (SSCS) Dalam Penanggulangan Perdagangan Ilegal Totoaba Di Zona Laut Meksiko

Manik, Ratu Syifa Kentring (2024) Kontribusi Sea Shepherd Conservation Society (SSCS) Dalam Penanggulangan Perdagangan Ilegal Totoaba Di Zona Laut Meksiko. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Isu perdagangan ilegal totoaba di Meksiko dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, adanya aktivitas overfishing, munculnya aktor kriminal seperti illegal fisherman, poachers (panga) dan kartel totoaba. Selain itu, faktor ekonomi yang kurang baik dari negara Meksiko juga berpengaruh pada termotivasinya penduduk yang tinggal di pesisir Meksiko untuk menangkap totoaba sebagai salah satu sumber mata pencahariannya. Fenomena perdagangan ilegal totoaba ini secara tidak langsung berpengaruh pada penurunan populasi vaquita, dikarenakan penyebaran gillnets yang menyebabkan vaquita terjerat dalam jaring dikhususkan untuk menangkap totoaba. Peristiwa ini disebut dengan bycatch atau tangkapan sampingan. Melihat dari adanya ancaman terhadap kedua spesies tersebut, hal ini menimbulkan kekhwatiran dari dunia internasional, termasuk organisasi non- governemntal internasional yakni Sea Shepherd Conservation Society (SSCS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerjasama antara SSCS dan Meksiko dan Kontribusi SSCS dalam menanggulangi perdagangan ilegal totoaba di zona Laut Meksiko. Penulis menggunakan konsep ekosentrisme yakni turunan dari Green Theory, konsep tiga pilar masyarakat kosmopolitan dari teori English School oleh Barry Buzan, konsep Global Governance dan konsep INGO. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisa deskriptif yang didasari dari pengamatan ilmiah terhadap gejala atau fenomena sosial, serta menggunakan teknik pengumpulan data sekunder melalui studi dokumen dan kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi SSCS dalam menanggulangi perdagangan ilegal totoaba di Zona Laut Meksiko membuahkan hasil yang positif seperti pencapaian meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam menjalankan operasinya. Kata Kunci: Organisasi Internasional, Perdagangan ilegal Totoaba, Meksiko, SSCS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:49
Last Modified: 07 Oct 2024 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72276

Actions (login required)

View Item View Item