PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG CIANJUR

FITRIANI, RINA (2024) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER-RINA FITRIANI-202050242.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-RINA FITRIANI-202050242.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR-RINA FITRIANI-202050242.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-RINA FITRIANI-202050242.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-RINA FITRIANI-202050242.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN-RINA FITRIANI-202050242.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-RINA FITRIANI 202050242.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-RINA FITRIANI 202050242.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Customer service tidak hanya sebatas berkomunikasi tatap muka dengan nasabah, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk membangun hubungan positif, mengatasi masalah, serta memastikan kepuasan nasabah. Penelitian ini berjudul "Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Cianjur". Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Komunikasi Interpersonal dan dimensi-dimensinya yang terdiri dari keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan terhadap kepuasan nasabah di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Cianjur. Teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu, The Expectancy Disconfirmation Model. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data penyebaran kuisioner dengan jenis skala likert guna mengguji hipotesis. Untuk menganalisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan program IBM SPSS Statistik 26. Teknik pengambilan sampling dipilih non probability sampling yaitu purposive sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah PT Bank Rakyat Indonesia dengan jumlah responden sebagai sampel sebanyak 101 responden. Hasil penelitian menunjukkan pada uji simultan menunjukkan nilai Fhitung adalah 18,853 lebih besar dari niali Ftabel 2,466 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,050, Maka hipotesis nol ditolak (signifikan), yang berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama Komunikasi Interpersonal Customer Service yang meliputi dimensi Keterbukaan, Empati, Dukungan, Sikap Positif, Kesetaraan terhadap Kepuasan Nasabah di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Cianjur. Secara uji parsial dimensi keterbukaan dan sikap positif memiliki nilai t hitung lebih besar dari t tabel maka berpengaruh signifikan. Sedangkan, dimensi empati, dukungan dan kesetaraan tidak terdapat pengaruh signifikan. Kata Kunci: Customer Service, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:05
Last Modified: 07 Oct 2024 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72225

Actions (login required)

View Item View Item