PERAN KEPALA DESA DALAM PENGUATAN CIVIC SKILL PADA MASYARAKAT DESA WARGASALUYU (STUDI KASUS DI DESA WARGASALUYU KABUPATEN BANDUNG BARAT)

YADI FADLI DESRI, 205010021 (2024) PERAN KEPALA DESA DALAM PENGUATAN CIVIC SKILL PADA MASYARAKAT DESA WARGASALUYU (STUDI KASUS DI DESA WARGASALUYU KABUPATEN BANDUNG BARAT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Lembar Pengesahan Fadli.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran seorang kepala desa dalam meningkatkan partisipasi dan keterampilan masyarakat Desa Wargasaluyu melalui program pemerintah desa. Penelitian ini berfokus kepada masyarakat sebagai kelompok-kelompok sosial politik yang dimana didalamnya berkembang wacana otonomi dan kemampuan untuk bersikap kritis serta implementasi nilai-nilai gotong royong. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Dalam sebuah penelitian, kehadiran peneliti merupakan sebagai alat yang sangat penting, peneliti dalam melakukan penelitian juga dapat bertindak sebagai pengamat yang ikut berpartisipasi, dalam hal ini peneliti di lapangan harus terlibat langsung dan bersentuhan dengan objek penelitian. Oleh karena itu pada saat melakukan pengumpulan data di lapangan, seorang peneliti harus berperan serta pada objek penelitian dan dapat mengikuti secara aktif kegiatan-kegiatan yang ada di lapangan serta dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini juga menegaskan bahwa Kepala Desa dalam praktiknya memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui program pemerintah desa demi mewujudkan kesejahteraan bersama. Analisis data yaitu data kualitatif secara studi kasus, maka hasil penelitian menunjukan beberapa program yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi dan keterampilan masyarakat desa yaitu (1) Implementasi program pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi, keterampilan, dan sikap tanggung jawab masyarakat desa; (2) kendala-kendala yang dihadapi kepala desa dan pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat desa yaitu keterbatasan sarana dan prasarana serta keterbatasan dana dalam realisasi program pemerintah desa; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut melakukan pendekatan persuasif dalam membuat program dan melibatkan masyarakat desa dalam musyawarah desa. Kata Kunci: Kepala Desa, Gotong Royong, Program Pemerintah Desa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:44
Last Modified: 07 Oct 2024 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72217

Actions (login required)

View Item View Item