KONTRIBUSI (WWF) WORLD WIDE FUND MELALUI PROGRAM PLASTIC SMART CITIES DALAM MENANGANI SAMPAH PLASTIK DI ALIRAN SUNGAI CILIWUNG

Fadhilah, Muhammad Faisal (2024) KONTRIBUSI (WWF) WORLD WIDE FUND MELALUI PROGRAM PLASTIC SMART CITIES DALAM MENANGANI SAMPAH PLASTIK DI ALIRAN SUNGAI CILIWUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan pdf.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_2.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dalam kehidupan manusia tidak mungkin terlepas dari sampah, Sampah plastik adalah salah satu jenis sampah yang selalu kita temui dalam kehidupan sehari-hari, apabila pengelolaanya tidak tepat sampah plastik dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. WWF melalui program Plastic Smart Cities (PSC) bertekad dengan upaya global mereka di kota-kota di seluruh dunia yang memiliki masalah serupa untuk melindungi masyarakat dari ancaman plastik agar tidak merusak alam dan mencegah kebocoran sampah pada tahun 2030. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kontribusi WWF melalui Program Plastic Smart Cities dalam menangani sampah plastik, mengetahui kondisi sampah plastik di aliran sungai ciliwung dan mengetahui implementasi dan penerapan Plastic Smart Cities dalam menagani sampah plastik di aliran sungai Ciliwung. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pendekatan Kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data teknik studi pustaka atau studi dokumen yaitu memungkinkan penulis untuk memahami dengan cara mempelajari berbagai macam teori dari literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian seperti buku, jurnal, artikel-artikel yang berhubungan, media dan juga audio visual yang ada di internet untuk mendukung dan mempermudah peneliti dalam pengerjaannya. Kesimpulan penelitian ini adalah WWF melalui program Plastic Smart Cities telah berhasil membangun fondasi pengelolaan sampah plastik yang baik dan inovatif dengan berbagai program seperti kampanye media sosial, Bank Sampah, mendorong penerapan kebijakan EPR (Extend Producer Responsibility), membangun TPS 3R. Akan tetapi masih belum bisa menangani sampah plastik dialiran sungai Ciliwung karena kesadaran masyarakat dalam membuang sampah masih kurang dan jumlah pencemaran sampah plastik yang mengalir di Sungai Ciliwung terlalu banyak. Perjalanan PSC masih panjang diharapkan diakhir sisa tahun program PSC semoga ditemukan solusi cerdas dalam tujuan mereka untuk mengurangi kebocoran sampah plastik pada tahun 2030. Kata kunci: Sampah Plastik, WWF, Plastic Smart Cities, Lingkungan, Sungai Ciliwung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:29
Last Modified: 07 Oct 2024 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72214

Actions (login required)

View Item View Item