STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE STREAMING DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Persuasif Pada Akun Tiktok @thriftedbyantik_)

Febriyani, Antiq Eliyana (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE STREAMING DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Persuasif Pada Akun Tiktok @thriftedbyantik_). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - 021 Antiq Eliyana F.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Persuasif Host Live Streaming Di Media Sosial Tiktok (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Persuasif Pada Akun Tiktok @thriftedbyantik). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif host live streaming akun Tiktok @thriftedbyantik dalam mengajak penonton untuk melakukan pembelian berdasarkan tiga strategi komunikasi persuasif menurut Melvin L. Defleur dan Sandra J. Ball Roceach, yaitu strategi psikodinamika, strategi sosiokultural dan strategi konstruksi makna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi psikodinamika yang dilakukan oleh host live akun Tiktok @thriftedbyantik_ dengan memberikan gestur yang ramah dan ceria, terutama saat memulai sesi dengan senyuman dan sapaan hangat untuk menarik perhatian penonton. Pendekatan emosional yang dilakukan host yakni dengan menggunakan sapaan khusus dan sering melakukan interaksi dengan ramah, sigap, informatif, dan mengutamakan kejujuran. Dalam strategi sosiokultural, host live akun Tiktok @thriftedbyantik_ selalu mengikuti trend budaya terkini dengan menyesuaikan gaya berkomunikasi dan berpakaian pada budaya audiensnya. Sehingga dalam pengaplikasiannya, host berhati-hati dalam berucap dan bersikap agar tidak menyinggung budaya manapun. Pada strategi konstruksi makna, host live akun Tiktok @thriftedbyantik_ melakukan permainan kata dengan menekankan pada produk yang “limited edition” dan diskon produk untuk memacu adrenalin penonton disertai melakukan ilustrasi dengan mencoba produk secara langsung. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan oleh host live streaming akun Tiktok @thriftedbyantik terlihat berhasil dilihat dari penonton yang menunjukan ketertarikannya untuk menonton live, melakukan pembelian, bahkan sampai melakukan repeat order ketika host menggunakan ketiga aspek tersebut. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Host Live Streaming, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:18
Last Modified: 07 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72212

Actions (login required)

View Item View Item