FENOMENA PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PASUNDAN (Studi Fenomenologi Alfred Schutz Pada Penggunaan Shopee Paylater)

Firmansyah, Muhammad Faris (2024) FENOMENA PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PASUNDAN (Studi Fenomenologi Alfred Schutz Pada Penggunaan Shopee Paylater). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Kata pengantar skripsi_213.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka skripsi_213.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa skripsi_213.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan skripsi_213.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi skripsi_faris.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi_213.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 skripsi_213.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 skripsi_213.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Penelitian “Fenomena Penggunaan Shopee Paylater Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan” (Fenomenologi Alfred Schutz Pada Penggunaan Shopee Paylater). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa itu motif, tindakan, makna dan realita sosial yang terjadi dalam penggunaan shopee paylater di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi universitas pasundan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori fenomenologi oleh Alfred Schutz dan teori realitas sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan shopee paylater memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti motif pada penggunaan shopee paylater adalah dengan menggunakan fitur tersebut mereka bisa memenuhi kebutuhan mendesak tanpa harus membayarnya secara langsung, selanjutnya tindakan mahasiswa ilmu komunikasi universitas pasundan setelah menggunakan shopee paylater yaitu mereka sering mengecek tanggal tagihan agar pembayaran tidak telat agar tidak akan terkena denda atau bunga tambahan, serta makna shopee paylater bagi mahasiswa ilmu komunikasi universitas pasundan yaitu mereka memaknai shopee paylater sebagai sarana membeli kebutuhan hidup yang fleksibel dan yang terakir realitas sosial yang terjadi dalam mahasiswa ilmu komunikasi menggunakan shopee paylater yaitu karena kebutuhan gaya hidup dan karena pengaruh lingkungan. Kata Kunci : Fenomenologi, Shopee Paylater, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:05
Last Modified: 07 Oct 2024 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72209

Actions (login required)

View Item View Item