POLA KOMUNIKASI VIRTUAL PEMAIN GAME ONLINE VALORANT

Putra, Andriansyah Galib (2024) POLA KOMUNIKASI VIRTUAL PEMAIN GAME ONLINE VALORANT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Nonverbal Virtual Pemain Game Online Valorant.” Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mind, self, dan society para pemain Valorant. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori interaksi simbolik George H. Mead. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Informan penelitian berjumlah tujuh orang, enam diantaranya pemain game online Valorant, dan satu informan akademisi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan mind dalam melakukan interaksi bersama pemain adalah mengunakan komunikasi nonverbal sepeti PING!, Spray dan Chatbox. Self dalam mengatur tempo permainan dilakukan dengan memberikan arahan strategi, memberikan informasi, menentukan set up atau mid call, dan mengikuti alur permainan sedangkan society didasari dari pengalaman informan yang pernah menjadi pelaku atau mendapatkan perilaku TMA seperti menyalahkan orang lain, mengejek, diskriminasi dan memberikn gerakan Tea-Bag dan PMA melalui apresiasi dan melatih kemampuan dalam bermain game. Saran untuk kedepannya sebaiknya para pemain mampu melakukan permainan yang supportive sehingga jauh dari tindakan toxic, pemain melakukan komunikasi apabila terjadi kendala sehingga tidak menghambat permainan, dan tidak membeli banyak skin yang dinilai kurang bermanfaat dibanding memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kata Kunci: Komunikasi Virtual, Toxic, Valorant

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 00:34
Last Modified: 07 Oct 2024 00:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72192

Actions (login required)

View Item View Item