OPTIMASI PROSES PRODUKSI IKAN PARI (DASYATIS .SP) DENGAN ASAP CAIR MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT METODE RESPONSE SURFACE METHODOLOGY TIPE BOX BHENKEN DESIGN

Revyanto, Bagus and Rini, Triani (2024) OPTIMASI PROSES PRODUKSI IKAN PARI (DASYATIS .SP) DENGAN ASAP CAIR MENGGUNAKAN APLIKASI DESIGN EXPERT METODE RESPONSE SURFACE METHODOLOGY TIPE BOX BHENKEN DESIGN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
BAGUS REVYANTO_193020109_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (332kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Ikan Pari (Dasyatis sp) merupakan salah satu ikan yang mudah mengalami pembusukan setelah ditangkap dan mati. Metode pengasapan menjadi sebuah solusi untuk proses pengawetan ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi asap cair, lama perendaman ikan, dan lama pengeringan ikan menggunakan aplikasi Design Expert metode Respon Surface Methodology (RSM) dengan tipe desain Box-Bhenken Design (BBD), dengan respon yang digunakan untuk mengetahui kondisi optimum pada proses pengasapan cair ikan pari adalah kadar air, jumlah mikroba, organoleptik dengan atribut aroma, warna, rasa, dan tekstur, dengan pengujian respon lanjutan pada formulasi terbaik yaitu pengujian aktivitas air dan kekerasan. Kondisi optimal yang diperoleh proses pengasapan cair berturut turut untuk konsentrasi asap cair, lama perendaman, lama pengeringan adalah 9 %, 90 Menit, dan 110 menit . Kondisi optimal menghasilkan nilai respon parameter oksidasi minyak ikan yang telah sesuai dengan SNI 2725 (2013). Kata Kunci : Ikan Pari (Dasyatis sp), Asap Cair, Respon Surface Methodology.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 05 Oct 2024 07:03
Last Modified: 05 Oct 2024 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72185

Actions (login required)

View Item View Item