FENOMENA BELANJA ONLINE MELALUI SITUS SHOPEE.CO.ID Studi Fenomenologi Belanja Online Melalui Situs Shopee.co.id Pada Karyawan PT. Yamaha Motor Manufacturing Indonesia

Rismawan, Hafidz (2024) FENOMENA BELANJA ONLINE MELALUI SITUS SHOPEE.CO.ID Studi Fenomenologi Belanja Online Melalui Situs Shopee.co.id Pada Karyawan PT. Yamaha Motor Manufacturing Indonesia. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (54kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
2_LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
Kata Pengantar.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ FENOMENA BELANJA ONLINE MELALUI SITUS SHOPEE.CO.ID ”. Berbelanja melalui situs online merupakan sebuah sistem terbaru dalam berbelanja yang sekarang banyak dipilih oleh konsumen karena mudah dan cepat dalam proses transaksi. Shopee sebagai situs belanja online terbesar di Indonesia memberikan banyak pilihan dan kemudahan dengan berbagai fasilitas yang ada untuk pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang unsur fenomena dan noumena yang terjadi pada pelanggan Shopee, Motif, Proses Komunikasi dan perilaku konsumen menjadi unsur fenomena yang dibahas dalam penelitian ini, sedangkan unsur noumena yang dibahas adalah kepuasan diri, gaya hidup dan kepercayaan dalam berbelanja melalui online. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan teori fenomenologi serta konstruksi sosial. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan informan sebanyak 10 orang yang dijadikan responden dengan cara teknik purposive. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menemukan unsur fenomena dan noumena saling mempengaruhi satu sama lainnya dalam bentuk tindakan individu. Pemilihan belanja melalui situs online yang dilakukan konsumen merupakan hasil dari proses komunikasi yang terjadi dan faktor teknologi yang mendukung untuk mengakses internet setiap harinya sehingga mempengaruhi tindakannya. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan kepada konsumen yaitu agar konsumen dapat lebih bijak dalam berbelanja online sesuai dengan kebutuhan bukan hanya keinginan sesaat dan kepuasan diri sendiri saja. Dengan berkembangnya teknologi, konsumen juga diharapkan agar bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya agar dapat menghindari perilaku konsumtif dan anti sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Oct 2024 03:47
Last Modified: 05 Oct 2024 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72172

Actions (login required)

View Item View Item