PENGARUH INFLUENCER DIGITAL NAJWA SHIHAB TERHADAP PREFERENSI PEMILIH GEN-Z PADA PEMILU PRESIDEN 2024

Ferdiansyah, Muhammad Arvien (2024) PENGARUH INFLUENCER DIGITAL NAJWA SHIHAB TERHADAP PREFERENSI PEMILIH GEN-Z PADA PEMILU PRESIDEN 2024. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRTAK MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 MUHAMMAD ARVIEN FERDIANSYAH - 202050198.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Influencer ini disebut sebagai pemimpin gagasan atau opinion leader yang bisa mempengaruhi dan sekaligus membangun kesadaran tertentu. kemudian Gen- Z adalah generasi yang lahir di era serba canggih, era dimana internet merambah semua kalangan. Maka Gen-Z merupakan generasi yang sangat tergantung pada teknologi, berbakat menggunakan berbagai sarana informasi, tidak ada waktu tanpa smartphone dan selalu terhubung pada internet. Dalam penelitian ini influencer digital, mereka berperan sebagai sumber informasi dan opini yang potensial untuk mempengaruhi preferensi pemilih, terutama Gen-Z, karena pemilih Gen-Z mengandalkan influencer digital sebagai sumber utama informasi politik mereka, mengingat preferensi mereka yang cenderung lebih mengandalkan media sosial daripada media lainnya Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan sebanyak 100 Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan Bandung menjadi responden dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Depedency Theory. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Influencer Digital Najwa Shihab terhadap Preferensi Pemilih Gen-Z pada Pemilu Presiden 2024. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi liner berganda dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t dan Uji-f dengan signifikansi (α= 0,05). Penganalisaan data menggunakan bantuan aplikasi olah data IBM SPSS (Statistical Programme For Social Science) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Influencer Digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Preferensi Pemilih. Berdasarkan uji Koefisien Determinasi pengaruh Influencer Digital terhadap Preferensi Pemilih adalah sebesar 65,6% sedangkan sisanya sebesar 34,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Influencer Digital, Gen-Z, Preferensi Pemilih

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Oct 2024 01:56
Last Modified: 05 Oct 2024 01:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72141

Actions (login required)

View Item View Item