KOMUNIKASI RELASIONAL DALAM DIALETIKA HUBUNGAN PERSONAL TRAINER DENGAN MEMBER GYM (Studi Deskriptif Kualitatif Hubungan Personal trainer dengan Member di ProFit Gym Bandung dalam membangun program latihan)

Isnaina, Risma Putri (2024) KOMUNIKASI RELASIONAL DALAM DIALETIKA HUBUNGAN PERSONAL TRAINER DENGAN MEMBER GYM (Studi Deskriptif Kualitatif Hubungan Personal trainer dengan Member di ProFit Gym Bandung dalam membangun program latihan). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk memahami komunikasi relasional dalam hubungan antara personal trainer dan member di ProFit Gym Bandung. Penelitian ini didasari oleh pentingnya komunikasi dalam membangun hubungan efektif yang tidak hanya berfokus pada aspek fisik seperti pencapaian kebugaran, tetapi juga pada elemen-elemen komunikasi yang lebih kompleks. Teori yang digunakan menggunakan teori komunikasi relasional dan teori dialetika relasional. Penelitian ini mengekplorasi elemen-elemen teori dialetika relasional untuk menganalisis bagaimana elemen totalitas, kontradiksi, pergerakan (motion), dan praksis dari teori dialektika relasional berperan dalam membentuk dan mengelola hubungan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 3 personal trainer dan 6 member sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi relasional dalam hubungan personal trainer dan member di ProFit Gym bersifat dinamis, di mana totalitas mencerminkan keterhubungan berbagai aspek, kontradiksi menyoroti ketegangan akibat perbedaan harapan, pergerakan menggambarkan perubahan tujuan dan pola komunikasi, serta praksis menekankan adaptasi aktif dari kedua pihak. Dalam konteks ini komunikasi relasional memainkan penting dalam mengatasi ketegangan dan membangun hubungan yang produktif antara personal trainer dan member. selain itu, keberhasilan program latihan tidak hanya ditentukan oleh hasil fisik saja, tetapi juga kualitas komunikasi yang terjalin selam proses latihan Kata Kunci: Komunikasi Relasional, Dialektika Relasional, Personal Trainer, Member Gym, Program Latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:50
Last Modified: 04 Oct 2024 07:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72122

Actions (login required)

View Item View Item