UTAMI ALVIRA DEWI, 195050039 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran matematika guna memahami pelajaran yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model open-ended lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui apakah habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended lebih baik daripada siswa yang memproleh model konvensional, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Majalaya dengan sampel penelitian siswa kelas X-6 digunakan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model Open-ended dan siswa kelas X-3 digunakan sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket habits of mind. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Open-ended lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan 3) terdapat korelasi positif yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended. Kata Kunci: Berpikir kritis matematis, Habits of Mind, Model Open-ended
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 07:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 07:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72108 |
Actions (login required)
View Item |