PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMA

UTAMI ALVIRA DEWI, 195050039 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran matematika guna memahami pelajaran yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model open-ended lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui apakah habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended lebih baik daripada siswa yang memproleh model konvensional, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Majalaya dengan sampel penelitian siswa kelas X-6 digunakan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model Open-ended dan siswa kelas X-3 digunakan sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket habits of mind. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model Open-ended lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 2) habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan 3) terdapat korelasi positif yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan habits of mind siswa yang memperoleh model Open-ended. Kata Kunci: Berpikir kritis matematis, Habits of Mind, Model Open-ended

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:23
Last Modified: 04 Oct 2024 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72108

Actions (login required)

View Item View Item