WISITA AIMILA, 175050045 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan kurang efektifnya proses pembelajaran dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Pembaruan diperlukan dalam penggunaan model pembelajaran supaya proses pembelajaran berjalan lebih efektif dan tujuan pembelajaran tercapai. Model pembelajaran yang dapat digunakan model pembelajaran brain-based learning. Tujuan pada penelitian ini untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan model Brain-based learning lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis model konvensional; 2) mengetahui self-confidence siswa dengan model Brain-based learning lebih baik daripada self-confidence siswa dengan model konvensional; 3) mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa pada kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tutwuri Handayani Cimahi tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan model Brain-based learning lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis dengan model konvensional; 2) self-confidence siswa dengan model Brain-based learning lebih baik daripada self-confidence siswa dengan model konvensional; 3) terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Confidence, Dan BrainBased Learning (BBL)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:05 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72077 |
Actions (login required)
View Item |