MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PARTISIPASI DALAM CITIZEN JOURNALISM

Zein, Fathur Muhammad (2024) MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PARTISIPASI DALAM CITIZEN JOURNALISM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGHANTAR.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, terutama dalam era digital, telah mengubah perkembangan penyebaran dan partisipasi dalam jurnalisme warga (citizen journalism). Perkembangan ini telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi informasi, menggeser dominasi media massa konvensional seperti televisi, radio, dan surat kabar, ke media sosial yang menawarkan pembaruan informasi secara real-time.Penelitian ini berfokus pada peran Instagram sebagai platform utama dalam praktik citizen journalism di Kabupaten Bandung, dengan menilai kontribusi dan partisipasi masyarakat melalui dua akun Instagram @adalahkabbandung dan @infobandungtimur_. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena ditujukan untuk mendeskripsikan dan mengambarkan fenomena media sosial digunakan sebagai alat partisipasi dalam citizen journalism. Akun Instagram @adalahkabbandung menjadi subjek dalam penelitian ini yang menunjukkan bagaimana masyarakat dapat terlibat secara aktif dalam Citizen Journalism dengan menggunakan fitur-fitur media sosial seperti Stories, Reels, dan caption untuk menyampaikan informasi. Penelitian ini menganalisis berbagai bentuk partisipasi Citizen Journalism, termasuk pembuatan konten, interaksi melalui like, komentar, dan share, serta penggunaan hashtag untuk meningkatkan visibilitas informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @adalahkabbandung berfungsi sebagai alat yang sangat efektif dalam pengumpulan, penyebaran, dan verifikasi informasi. Menggunakan teori konstruksi realitas sosial oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann, penelitian ini mengidentifikasi tiga proses utama: eksternalisasi, objektifikasi, dan internalisasi. Melalui eksternalisasi, masyarakat berkontribusi dengan membagikan informasi mengenai kondisi lalu lintas, seperti kemacetan dan kecelakaan, yang dapat diakses oleh audiens lebih luas. Proses objektifikasi terjadi ketika informasi yang dibagikan mulai dianggap sebagai norma yang valid dalam konteks sosial, sehingga membangun kredibilitas akun. Selanjutnya, proses internalisasi menunjukkan bagaimana masyarakat menyerap informasi ini ke dalam pemahaman mereka sehari-hari. Temuan menunjukkan bahwa partisipasi aktif dalam platform media sosial ini tidak hanya memfasilitasi penyebaran informasi, tetapi juga memperkuat norma sosial yang berkaitan dengan keselamatan dan kesadaran lalu lintas di Kabupaten Bandung. Kata Kunci : Citizen Journalism, Media Sosial Instagram, Konstruksi Realitas Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:12
Last Modified: 04 Oct 2024 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72055

Actions (login required)

View Item View Item