PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMESANAN MINUMAN DAN MAKANAN DI MANUT KOPI DENGAN METODE DESIGN THINKING

Sulaeman, Sulaeman and Erik, DS (2024) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMESANAN MINUMAN DAN MAKANAN DI MANUT KOPI DENGAN METODE DESIGN THINKING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Hilman Sulaeman_203040029_Teknik Informatika.pdf

Download (359kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Café Manut Kopi menawarkan produk-produk khas seperti minuman kopi, non-kopi, mocktail, dan makanan ricebowl serta snack. Namun, masalah yang dihadapi Café Manut Kopi adalah antrian panjang dan waktu pemesanan yang lambat karena pelanggan harus memesan langsung di kasir. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Experience pada aplikasi pemesanan minuman dan makanan di Manut Kopi dengan menerapkan metode Design Thinking. Latar belakang penelitian menekankan pentingnya pelayanan yang baik untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan proses pemesanan menjadi lebih mudah dan efisien. Café Manut Kopi menjadi subjek penelitian karena masalah antrian panjang dan waktu pemesanan yang lambat. Solusi yang ditawarkan adalah merancang aplikasi mobile yang memungkinkan pelanggan memesan secara cepat dan efisien. Metode Design Thinking digunakan untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal. Proses penelitian melibatkan identifikasi masalah, pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan kuesioner, analisis data, serta implementasi Design Thinking dalam perancangan aplikasi. Tahapan Design Thinking mencakup 5 fase yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Design Thinking efektif dalam menangani masalah yang dihadapi oleh Manut Kopi. Aplikasi yang dirancang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemesanan, kepuasan pelanggan, dan daya saing Café Manut Kopi. Evaluasi terus dilakukan untuk memastikan keberhasilan rancangan aplikasi. Kata Kunci : User Experience, Aplikasi Pemesanan, Design Thinking, Café Manut Kopi, Efisiensi Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:50
Last Modified: 04 Oct 2024 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72042

Actions (login required)

View Item View Item