PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN TIKTOK @RANIAAYAMIN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN KAIN TRADISIONAL

Marpaung, Arum Tiodora (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN AKUN TIKTOK @RANIAAYAMIN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN KAIN TRADISIONAL. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar Arum.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Arum.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi (Arum Tiodora Marpaung - 202050318).pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Arum.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Arum.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Arum.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

TikTok menjadi aplikasi yang paling populer di seluruh dunia dan memiliki pengguna aktif terbesar kedua yaitu dari Indonesia. Aplikasi TikTok kini muncul sebagai gelombang penyebaran budaya populer (pop culture), yaitu pola perilaku yang digemari oleh sebagian masyarakat. TikTok telah berperan sebagai platform media sosial yang efektif dalam menyebarkan informasi dan tren terbaru, termasuk tren berkain tradisional yang kini dilakukan oleh generasi muda yang mengikuti gaya busana modern. Salah satu konten creator di TikTok @raniaayamin ikut mempopulerkan penggunaan kain tradisional dan budaya Indonesia melalui konten- kontennya. Dengan berbagai macam tren fashion saat ini, tren berkain sangat mudah didapatkan melalui media sosial terutama TikTok, peneliti tertarik untuk meneliti video konten TikTok @raniaayamin dalam mengenalkan gaya berpakaian yaitu “berkain dan berkebaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan konten TikTok @raniaayamin terhadap minat penggunaan kain tradisional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan rancangan analisis data Path Analysis atau analisis jalur. Dengan menggunakan teori Uses and Effect. Populasi dalam penelitian ini adalah followers TikTok @raniaayamin, teknik pengambilan data sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Hasil dalam penelitian ini berdasarkan evaluasi pengaruh sub variabel Terpaan konten akun TikTok @raniaayamin yaitu frekuensi, durasi, dan atensi. Dengan frekuensi nilai Thitung (2,948) > Ttabel (1,661), dimensi durasi nilai Thitung (3,375) > Ttabel (1,661), dan atensi nilai Thitung (2,900) > Ttabel (1,661). Berdasarkan hasil R Square analisis jalur yang terdapat pada tabel Model Summary adalah sebesar 0,585, hal ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh X1 (frekuensi), X2 (durasi), X3 (atensi) terhadap Y (minat penggunaan kain tradisional) adalah sebesar 58,5% sementara sisanya 41,5% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian Kata kunci : Aplikasi TikTok, Terpaan Media Sosial, Tren Fashion, Kain Tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:08
Last Modified: 04 Oct 2024 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72012

Actions (login required)

View Item View Item