PENGARUH PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (Survei pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bandung)

Farhah Fadhilah Yunus, 204020117 and Dr. Elvira Zeyn, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2024) PENGARUH PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD (Survei pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya Pengaruh Pelaksanaan Good Governance dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Pencegahan Fraud pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Populasi pada penelitian adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Bandung. Seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 OPD di Kota Bandung. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik yang diambil yaitu sampling jenuh (sensus). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik menggunakan software IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial pelaksanaan good governance berpengaruh terhadap pencegahan fraud, sedangkan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap pencegahan fraud. Dimana besarnya pengaruh pelaksanaan good governance sebesar 25,40% dan kompetensi sumber daya manusia sebesar 20,52% terhadap pencegahan fraud. Pelaksanaan good governance dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap pencegahan fraud sebesar 46%, sedangkan sisanya yaitu 54% merupakan pengaruh variabel lain yang mempengaruhi variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis, diantaranya Efektivitas Pengendalian Internal (Paramitha, 2020), Whistleblowing System (Puspitanisa, 2021), Akuntabilitas (Saputra, 2019), dan Moralitas Individu (Kuntadi, 2023). Kata Kunci: Pelaksanaan Good Governance, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pencegahan Fraud.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2020
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:05
Last Modified: 04 Oct 2024 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72008

Actions (login required)

View Item View Item