PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKANAN HEWAN

ASEP HERDIANSAH, 115060340 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKANAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. Cover Skripsi.docx

Download (54kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
3. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTA1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
1. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
2. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa kelas IV pada materi penggolongan makanan hewan dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Togethers (NHT) di SDN Babakancianjur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Penelitian bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II dilakukan dalam dua kali pertemuan. kriteria kerberhasilan dalam penelitian ini yaitu jika hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan kerjasama siswa dalam kelompok. Siklus I rata-rata persentase 61%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 100%. Serta hasil lembar observasi siswa nilai karakter dan aspek afektif psikomotor siswa menunjukkan peningkatan dan memiliki kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togethers (NHT) dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas IV dalam pelajaran IPA materi penggolongan makanan hewan. Diharapkan guru dapat mencoba mengkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut tentang pokok bahasan lainnya pada pembelajaran IPA dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 12:34
Last Modified: 01 Aug 2016 12:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7118

Actions (login required)

View Item View Item