ANNISA SHUNDARI FRATIWI MUFTI, 115060142 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover skripsi.docx Download (72kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.docx Download (20kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
BAB I FIX.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (267kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning pada subtema komponen ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Halimun Bandung dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap percaya diri dan hasil belajar yang rendah di dalam pembelajaran karena guru masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu hanya dengan menggunakan metode ceramah, sehingga keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sangat minim. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan teknik non tes untuk mengetahui sikap percaya diri peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik dengan rentang skala penilaian 1–4, pada siklus 1 percaya diri peserta didik memperoleh nilai 2,20, mengalami peningkatan di siklus II menjadi 2,70 dan di siklus III menjadi 3,20. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 1,91, mengalami peningkatan di siklus II menjadi 2,66 dan di siklus III menjadi 3,36. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem based learning pada subtema komponen ekosistem dapat dijadikan sebagai metode alternatif pembelajaran untuk diterapkan di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 12:21 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 12:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7117 |
Actions (login required)
View Item |