ANALISIS KONTEN PODCAST SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN EDUKASI STARTUP DI INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Podcast Obrolan Kala Rehat)

Al Aufa, Zharfan Fairuzzabadi (2024) ANALISIS KONTEN PODCAST SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN EDUKASI STARTUP DI INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Podcast Obrolan Kala Rehat). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZHARFAN_FAIRUZZ Piks-14-24 BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZHARFAN_FAIRUZZ Piks-7-9 KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Fix.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZHARFAN_FAIRUZZ Piks-10-11 DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZHARFAN_FAIRUZZ Piks-112-113 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZHARFAN_FAIRUZZ Piks-25-61 BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZHARFAN_FAIRUZZ Piks-1 PERSETUJUAN.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZHARFAN_FAIRUZZ Piks-4-6 ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten podcast sebagai media informasi dan edukasi startup di Indonesia, dengan fokus pada podcast "Obrolan Kala Rehat" menggunakan teori 4 pilar strategi konten media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast "Obrolan Kala Rehat" menerapkan komunikasi dua arah melalui saluran podcast, yang meningkatkan kesetiaan pendengar karena mereka merasa diperhatikan dalam diskusi. Namun, terdapat kendala dalam bentuk rekaman online yang memerlukan editing dan kesulitan koordinasi waktu antara host, yang mempengaruhi kualitas komunikasi. Dalam aspek kolaborasi, podcast ini menunjukkan berbagai bentuk keterlibatan seperti mengundang bintang tamu dan berkolaborasi dengan brand, meskipun keterbatasan waktu dan promosi yang kurang mengurangi minat brand untuk bekerja sama. Dalam hal edukasi, podcast ini berhasil menyampaikan topik mengenai startup, pengembangan diri, dan pengembangan karir dengan mendapatkan umpan balik positif serta jumlah pendengar yang signifikan, yakni 89.640 plays dan 2.492 followers di Spotify. Meskipun demikian, kurangnya konsistensi dalam pengunggahan episode berdampak pada penurunan awareness dan minat pendengar. Kesimpulannya, meskipun konten yang dihasilkan berkualitas, konsistensi dalam pengunggahan perlu ditingkatkan untuk menjaga dan meningkatkan jumlah pendengar. Podcast, Obrolan Kala Rehat, Média Sosial, Edukasi, Konsistensi Kontén

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:46
Last Modified: 02 Oct 2024 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71128

Actions (login required)

View Item View Item