PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI MENGEMIS GIFT DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Mahasiswa Mengenai Mengemis Gift di Media Sosial TikTok)

TONDANG, LAURA YESICA (2024) PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI MENGEMIS GIFT DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Mahasiswa Mengenai Mengemis Gift di Media Sosial TikTok). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, “ Persepsi Mahasiswa Mengenai Mengemis Gift di Media Sosial TikTok”. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap perilaku mengemis gift dalam siaran langsung di media sosial TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teori persepsi oleh Kenneth K. Sereno, Edward M. Bodaken, Judy C. Person, dan Paul E.. Nelson, dengan membagi tiga fokus utama, yaitu sensasi, atensi. Interpretasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara mendalam dengan sejumlah mahasiswa yang aktif menggunakan TikTok, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memandang mengemis gift di media sosial TikTok sebagai tindakan yang memanfaatkan empati dan kedermawanan penonton. Namun, sebagian mahasiswa juga mengkritik perilaku ini sebagai bentuk manipulasi emosional yang dapat merusak esensi asli dari interaksi sosial di platform TikTok. penelitian ini memberikan wawasan mengenai dinamika sosial di media sosial TikTok dan implikasinya terhadap perilaku pengguna. Saran yang ingin peneliti sampaikan adalah untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian yang lebih luas tidak hanya mahasiswa saja melainkan mencakup masyarakat agar lebih luas, dan saran untuk para mahasiswa untuk bisa menggunakan media sosial TikTok sesuai dengan kegunaannya dan dapat memanfaatkan TikTok sebagai penunjang karir yang bagus. Kata kunci: persepsi, mahasiswa, mengemis gift, TikTok

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:37
Last Modified: 02 Oct 2024 08:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71125

Actions (login required)

View Item View Item