Yuliana, Robi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @INFOBANDUNGKOTA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (702kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan pokok, yaitu kebutuhan informasi sekilas (Catching-up Need Approach) dan Kebutuhan informasi rutin (Everyday Need Approach) para followers yang belum sepenuhnya terpenuhi, oleh media sosial Instagram @infobandungkota. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif Survei, metode ini untuk menjelaskan adakah pengaruh dari variabel Penggunaan Media Sosial Instagram (Variabel Bebas) X, terhadap Kebutuhan Informasi (Variable Terikat) Y. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Analisis Jalur (Path Analysis). Metode ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Penggunaan Media Sosial Instagram @infobandungkota terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers, baik secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel Penggunaan Media Sosial terhadap Kebutuhan Informasi secara simultan bahwa nilai Fhitung = (59,950) jauh lebih besar dari nilai Ftabel (2,42) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan secara parsial, diketahui pengaruh Penggunaan Media Sosial (X) yang terdiri dari empat dimensi, diantaranya sebagai berikut: Context (X1 ) berpengaruh signifikan terhadap Kebutuhan Informasi (Y) sebesar 19%, Communication (X2 ) berpengaruh signifikan. terhadap Kebutuhan Informasi (Y) sebesar 36,7%, Connection (X4 ) berpengaruh signifikan terhadap Kebutuhan Informasi (Y) sebesar 27,2%, sedangkan untuk dimensi Collaboration (X3 ) mendapatkan hasil yang kurang signifikan terhadap Kebutuhan Informasi (Y) yaitu sebesar 8,1%, Adapun pengaruh lain dan diluar Penggunaan Media Sosial (X) terhadap Kebutuhan Informasi (Y) yaitu sebesar 45,4%. Pada kesimpulan penelitian ini diperoleh bahwa variabel Penggunaan Media Sosial secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kebutuhan Informasi pada followers akun Instagram @infobandungkota, namun secara parsial masih terdapat dimensi Penggunaan Media Sosial yang memiliki pengaruh kurang signifikan terhadap variabel Kebutuhan Informasi. Secara parsial, dimensi Context (X1 ), Communication (X2 ), dan Connection (X4 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kebutuhan Informasi Followers (Y). Kata Kunci : Media Sosial, Kebutuhan Informasi, Instagram @Infobandungkota.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71100 |
Actions (login required)
View Item |