ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING (Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

IZZAH AGNIA NURUL, 205020046 (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MENGGUNAKAN MYOB ACCOUNTING (Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (836kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar komputer akuntansi menggunakan MYOB Accounting. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI AKL dan guru mata pelajaran MYOB. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket terbuka dan dokumentasi. Untuk memastikan validitas data, penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar MYOB dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup kecerdasan, minat, bakat, dan motivasi siswa. Sementara, faktor eksternal meliputi lingkungan belajar, interaksi antara guru dan siswa, fasilitas dan sumber belajar, serta waktu belajar. Selain itu, kesulitan belajar siswa juga terlihat dari kurangnya pemahaman terhadap konsep dasar akuntansi, kendala bahasa dalam memahami istilah akuntansi, metode pembelajaran yang monoton, serta tidak tersedianya buku panduan. Solusi yang diusulkan yakni evaluasi kesiapan belajar siswa, pengenalan kosa kata bahasa asing terkait MYOB, pengayaan dan program remedial, metode tutor sebaya, pendekatan praktis dalam pembelajaran, dukungan tambahan melalui sesi tanya jawab, sumber daya belajar tambahan, dan metode pembelajaran yang menarik. Saran bagi siswa agar tetap berlatih dalam belajar, saran bagi guru mata pelajaran untuk melakukan review dari pelajaran sebelumnya agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, saran bagi pemangku kebijakan sekolah untuk menyediakan fasilitas yang memadai, serta bagi orang tua agar memberikan dukungan dan tetap memperhatikan kegiatan belajar anak di rumah. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, MYOB Accounting

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:05
Last Modified: 02 Oct 2024 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71097

Actions (login required)

View Item View Item