PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA

FAUZIA NURUL HANIFA, 115060275 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (41kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
Abstract.docx

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada konsep IPA materi Bumi dan Alam Semesta di sekolah dasar khusunya di kelas III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas III SDN 2 Kondangsari Kabupaten Cirebon yang menggambarkan keaktifan siswa kelas III khususnya masih rendah dan lebih banyak aktif bermain sendiri dibandingkan mendengarkan penjelasan guru dengan tidak terpenuhinya KKM yang telah ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, didapat data bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas III SDN 2 Kondangsari Kabupaten Cirebon. Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase keaktifan dan prestasi belajar setiap siklusnya. Pada siklus I persentase peningkatan keaktifan siswa yang diperoleh sebesar 72%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan keaktifan siswa diperoleh sebesar 82%, terjadi peningkatan sebesar 10% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Pada siklus I persentase peningkatan prestasi belajar yang diperoleh sebesar 67.2%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan prestasi belajar diperoleh sebesar 84%, terjadi peningkatan sebesar 16.8% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Persentase peningkatan keaktifan dan prestasi belajar ini menunjukkan bahwa setiap siklusnya selalu ada perubahan pada siswa yang meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada konsep IPA materi Bumi dan Alam Semesta di kelas III SDN 2 Kondangsari Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: 1. Model Problem Based Learning 2. Keaktifan Siswa 3. Perstasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 30 Jul 2016 18:26
Last Modified: 30 Jul 2016 18:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7107

Actions (login required)

View Item View Item