PEMBANGUNAN APLIKASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN LARAVEL (Studi Kasus : Diskominfo Purwakarta)

Fauzan, Muhamad Rizky and Sukendar, Ade (2024) PEMBANGUNAN APLIKASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN LARAVEL (Studi Kasus : Diskominfo Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad Rizky Fauzan_193040014_Teknik Informatika.pdf

Download (342kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Proses pencatatan surat masih menggunakan buku agenda dan media WhatsApp, menyebabkan keterlambatan dan kesalahan dalam penyampaian informasi. Surat umum dikategorikan dan disampaikan kepada bagian terkait, sementara surat pribadi langsung diberikan kepada karyawan yang bersangkutan. Pengiriman surat dari dinas-dinas lain berupa hardfile dan melalui WhatsApp, menyebabkan tumpukan file dan ruang kerja yang tidak efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sebuah sistem Surat Masuk dan Surat Keluar Diskominfo berbasis web. Metode yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini adalah System Development Life Cycle dengan model waterfall. Sedangkan bahasa pemodelan yang digunakan pada perancang adalah Unifed Modeling Laguage (UML). Bahasa pemograman menggunakan PHP dan framework Laravel. Pengujian sistem dilakukan dengan menerapkan metode Blackbox Testing. Setelah melalui tahapan implementasi dan pengujian, sistem persuratan Diskominfo dapat dilakukan secara realtime dan tersimpan dengan baik dalam database, sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan pengiriman dan pendataan surat. Kata Kunci : Proses pencatatan surat; Laravel; Php; UML; Blackbox Testing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:12
Last Modified: 02 Oct 2024 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71060

Actions (login required)

View Item View Item