PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP KETELITIAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA

GANDRUNG ARUM SARI, 115060237 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP KETELITIAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER JUDUL.docx

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO & PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK B. INGGRIS.docx

Download (13kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap ketelitian dan hasil belajar untuk menggolongkan hewan berdasarkan jenis maakanannya di kelas IV SD Negeri Sukamaju Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung dengan menggunakan model Discovery Learning. Hal tersebut didasari oleh kurangnya sikap ketelitian siswa terhadap proses pembelajaran hal tersebut terbukti dari masih banyaknya kekurangan dalam penguasaan kerja tim ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik eveluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar, dan teknik non tes untuk mengetahui sikap ketelitian siswa dan kinerja guru/peneliti. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukur ketepatan RPP, lembar alat penilaian kinerja guru/peneliti, lembar alat penilaian sikap siswa dalam pembelajaran, lembar alat penilaian prestasi belajar siswa, lembar wawancara peneliti dengan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap ketelitian dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari data awal respon siswa menunjukan presentase 50%, setelah melakukan penelitian siklus I sampai siklus II respon siswa terhadap hasil belajar meningakat menjadi 100%. Sedangkan untuk sikap ketelitian mengalami peningkatan dari awalnya 28% meningkat menjadi 88%. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap ketelitian dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan dalam model Discovery Learning, siswa membuat suatu karya kreatif/kerajinan yang berupa penemuan dalam pembelajaran siswa belajar langsung dengan praktek kerja nyata. Dengan demikian siswa akan merasa terdorong untuk memecahkan masalah dengan suatu penemuan melalui pengalaman pribadi yang menarik. Kata kunci: Discovery Learning, sikap ketelitian, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 30 Jul 2016 18:10
Last Modified: 30 Jul 2016 18:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item