PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN OPINI AUDIT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2021-2023)

Putrillientien Gusti, 204020128 and Dr. Ifa Ratifah, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2024) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN OPINI AUDIT TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2021-2023). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan opini audit terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat. Diukur berdasarkan rasio ketergantungan daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan pemerintah daerah dan hasil opini audit dari BPK. Sampel yang digunakan adalah 27 Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Jawa Barat selama tahun anggaran 2021-2023. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pendapatan asli daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah sebesar 48,5%. Semakin tinggi PAD yang diperoleh, semakin baik pula kinerja keuangan yang ditunjukkan. Sedangkan, opini audit juga berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan daerah sebesar 29,8%. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan PAD dan pemeliharaan kualitas opini audit untuk meningkatkan kualitas kinerja keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci : Pendapatan asli daerah, Opini audit, Kinerja keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2020
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:08
Last Modified: 02 Oct 2024 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71058

Actions (login required)

View Item View Item