PERANCANGAN APLIKASI MARKETPLACE AGRO TANI MARKET BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING (STUDI KASUS JUAL BELI HASIL TANI DI DAERAH SUKARESMI)

Fahdy, Muhamad and Sukendar, Ade (2024) PERANCANGAN APLIKASI MARKETPLACE AGRO TANI MARKET BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING (STUDI KASUS JUAL BELI HASIL TANI DI DAERAH SUKARESMI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad_Fahdy_173040030_Teknik_Informatika.pdf

Download (662kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sukaresmi adalah salah satu kecamatan di provinsi Banten yang menjadi daerah penghasil pertananian di sektor padi beras, dimana hampir seluruh kegiatan transaksi jual beli beras dan gabah masih dilakukan secara penjualan langsung dan harga yang tinggi yang telah ditentukan oleh pedagang besar yang mengakibatkan daya beli masyarakat terhadap bahan pokok berupa beras menurun. Oleh sebab itu dilakukannya penelitian ini agar para pembeli beras bisa memilih harga beras yang sesuai dengan daya beli, dimana pembeli membeli langsung bahan pokok berupa beras tersebut secara online dengan begitu harga beras yang dijual akan yang bersaing yang kemudian akan menguntungkan pembeli. Penelinitan ini akan berfokus pada rancangan aplikasi jual beli hasil pertanian khususnya di sektor beras padi gabah dengan menggunakan metode prototyping dalam perancangannya. Pengguna dari aplikasi ini adalah para pembeli, dan petani yang menjual hasil padi beras gabahnya dengan menggunakan sistem online marketplace Hasil penelitian ini berupa rancangan aplikasi sampai pada tahap pengujian usability testing agar menghsilkan rancangan yang memiliki usability tinggi dengan pengetesan secara langsung kepada para calon pengguna aplikasi yang akan menjadi indikator keberhasilan. Kata kunci: Pertanian, Padi, Prototyping, Usability, Marketplace

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:35
Last Modified: 02 Oct 2024 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71033

Actions (login required)

View Item View Item