PEMBANGUNAN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FLUTTER DAN WEB ADMIN MENGGUNAKAN LARAVEL (STUDI KASUS : CAFE AUTHENTIC SPACE)

Kusumo, Wildan Prasetyo and Purbasari, Ayi and Sukendar, Ade (2024) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FLUTTER DAN WEB ADMIN MENGGUNAKAN LARAVEL (STUDI KASUS : CAFE AUTHENTIC SPACE). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
WildanPrasetyoKusumo_193040146_TeknikInformatika.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Tugas akhir ini mengusulkan Pembangunan Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Mobile Menggunakan Flutter Dan Web Admin Menggunakan Laravel. Studi kasus dilakukan di Cafe Authentic Space, yang terkenal dengan suasana santai dan hidangan berkualitas di pusat kota, menghadapi tantangan dalam sistem pemesanan makanan dan minuman yang masih menggunakan metode konvensional. Antrian panjang dan waktu tunggu yang meningkat pada jam sibuk serta kesulitan dalam mengelola pesanan besar menjadi masalah utama yang perlu diatasi. Untuk menjawab harapan pelanggan akan pengalaman pemesanan yang lebih efisien dan praktis, kafe ini memutuskan untuk mengembangkan aplikasi pemesanan berbasis mobile menggunakan framework Flutter. Keputusan ini didasarkan pada kemampuan Flutter untuk menyediakan antarmuka pengguna yang responsif dan performa aplikasi yang konsisten, mengakomodasi penggunaan luas perangkat Android dan iOS di masyarakat global saat ini. Selain pengembangan aplikasi mobile, Cafe Authentic Space juga melakukan pembangunan web admin menggunakan framework Laravel. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen operasional kafe, termasuk manajemen produk, layanan pelanggan, dan pelaporan transaksi. Laravel dipilih karena stabilitasnya dalam pengelolaan sistem backend yang kompleks dan fleksibilitasnya dalam mengadaptasi kebutuhan bisnis yang berkembang pesat. Dengan adopsi teknologi ini, kafe tidak hanya mengharapkan efisiensi yang lebih tinggi dalam proses operasionalnya tetapi juga pengalaman pelanggan yang lebih baik dan terorganisir. Pengembangan aplikasi pemesanan makanan dan minuman berbasis mobile serta web admin dengan teknologi terkini ini bukan hanya merupakan langkah strategis untuk Cafe Authentic Space mengatasi tantangan saat ini, tetapi juga sebagai wujud komitmen mereka dalam menghadapi era digital yang semakin dinamis. Dengan demikian, kafe ini berharap dapat mempertahankan basis pelanggan yang loyal sambil terus meningkatkan standar pelayanan mereka sesuai dengan perkembangan teknologi dan ekspektasi pelanggan modern. Kata kunci : Cafe Authentic Space, Flutter, Laravel, aplikasi mobile, web admin, pemesanan makanan dan minuman, efisiensi operasional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:03
Last Modified: 02 Oct 2024 02:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71016

Actions (login required)

View Item View Item