PENERAPAN ASAS KEADILAN DALAM SENGKETA KEPEMILIKAN TANAH ANTARA AHLI WARIS ADIWARTA MELAWAN PEMKAB BANDUNG BARAT BERSAMA PT BANGUN BINA PERSADA MENURUT PUTUSAN NOMOR 446/PK/PDT/2020

CINDY PUSPADEWI, 201000137 (2024) PENERAPAN ASAS KEADILAN DALAM SENGKETA KEPEMILIKAN TANAH ANTARA AHLI WARIS ADIWARTA MELAWAN PEMKAB BANDUNG BARAT BERSAMA PT BANGUN BINA PERSADA MENURUT PUTUSAN NOMOR 446/PK/PDT/2020. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan terhadap tanah sudah tertanam dalam lintasan sejarah manusia karena menandakan kemakmuran. Untuk memperoleh kepastian hukum diharuskan untuk segera melakukan pendaftaran tanah agar terhindar dari sengketa kepemilikan hak atas tanah. Namun terdapat sengketa kepemilikan tanah sebagaimana dalam perkara di Pengadilan Negeri Bale Bandung. Menurut pihak penggugat yang berkedudukan sebagai ahli waris, berdasarkan Putusan Nomor 446/PK/PDT/2020 telah dinyatakan sebagai pemilik tanah seluas 2,3 Ha. Sebelumnya tanah tersebut dikuasai oleh Pemkab Bandung Barat kemudian berdasarkan perjanjian kerjasama, diatasnya dibangun Pasar Panorama yang dikelola oleh PT. Bangun Bina Persada. Permasalahan yang terjadi adalah bagaimana ketentuan yang mengatur pelaksanaan putusan pengadilan untuk memperoleh kepemilikan hak atas tanah berdasarkan Putusan Nomor 446/PK/PDT/2020, apa saja kendala yang dihadapi ahli waris dalam memperoleh hak atas kepemilikan tanah tersebut, dan bagaimana penerapan asas keadilan untuk memperoleh hak kepemilikan hak atas tanah yang berada dalam penguasaan Pemkab Bandung Barat Bersama PT Bangun Bina Persada. Penelitian ini menggunakan pendekatan menggunakan Yuridis Normatif, yang memiliki fokus penelitian kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kemudian dengan menggunakan pendekatan deskripif analisis, yakni menggambarkan permasalahan kepemilikan tanah yang dikaji dan dianalisis bersumber pada buku dan jurnal yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan. Ketentuan hukum yang dapat digunakan oleh ahli waris untuk memperoleh haknya yaitu Pasal 830 dan 833 ayat (1) KUHPerdata yang menyatakan bahwa pewarisan terjadi karena kematian dan ahli waris dapat langsung menjadi pemilik atas harta yang ditinggalkan oleh pewaris.Namun meskipun putusan telah berkekuatan hukum tetap, implementasinya terkendala oleh adanya kepentingan privat dan publik. Solusi yang dirasakan adil perlu adanya itikad baik para pihak, selain mempertahankan fungsi publik tanah juga harus diikuti dengan pembayaran kompensasi ganti rugi kepada ahli waris. Kata Kunci : Hak Milik, Keadilan, Sengketa Tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:01
Last Modified: 02 Oct 2024 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71009

Actions (login required)

View Item View Item