ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS (Studi Kasus Koperasi Mimitran Bandung Periode 2017-2022)

Sa’adah, Istaufa (2024) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS (Studi Kasus Koperasi Mimitran Bandung Periode 2017-2022). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Koperasi Mimitran adalah jenis Koperasi KPRI Simpan Pinjam yang beranggotakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang masih aktif dan bekerja dilingkungan Kecamatan Sukasari, Purnabakti Tenaga Pendidik ataupun Tenaga Pendidik yang sudah mutasi tetapi masih aktif sebagai anggota. Melihat hal ini, untuk menilai kinerja keuangan pada Koperasi Mimitran perlu dilakukan analisis laporan keuangan dengan menggunakan rasio keuangan untuk melihat kondisi keuangan pada Koperasi Mimitran.bhbhvvgfcgfxdxdzdzdzdfzdszdn fjbdj Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kinerja keuangan berdasarkan rasio Likuiditas dan rasio Profitabilitas pada Koperasi Mimitran. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitaf. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara terstuktur dan observasi non partisipan, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi kepustakaan digital. Teknis analisis data yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan dengan menggunakan analisis rasio berdasarkan Peraturan Menteri 06/Per/M.KUKM/V/2006 tanggal 1 Mei 2006 tentang Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi/ Koperasi Award.hgggxdfzsasAzdxfcxdcfcfcfcfn xnxczHasil Penelitian ini menunjukan (1) rasio Likuiditas atau current ratio tahun 2017- 2022 rata rata berada pada angka 550,29% yang mengacu pada Peraturan Menteri 06/Per/M.KUKM/V/2006 bahwa pada kategori current ratio Koperasi Mimitran ada pada kategori (5) rasio Profitabilitas : a. ROA tahun 2017 – 2022 memiliki nilai rata rata sejumlah 2,42% yang mengacu pada Peraturan Menteri 06/Per/M.KUKM/V/2006 bahwa pada kategori return on assets Koperasi Mimitran ada pada kategori (4) b. ROE tahun 2017 – 2022 memiliki nilai rata rata sejumlah 2,94% yang mengacu pada Peraturan Menteri 06/Per/M.KUKM/V/2006 bahwa pada kategori return on equity Koperasi Mimitran ada pada kategori (5). Faktor yang mempengaruhi rasio Likuditas dan Profitabilitas adalah adanya persaingan usaha dari lembaga keuangan lain yang mengakibatkan koperasi kesulitan untuk menyalurkan kas dan menambah pendapatan..N n nc ncx vn vbnvc bnbnvb Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebaiknya penggunaan dana Kas di Koperasi Mimitran yang belum tersalurkan dapat digunakan untuk melakukan investasi dalam bentuk simpanan berjangka atau deposito, surat berharga atau obligasi dan properti sehingga dapat menaikan nilai current ratio. Sebaiknya koperasi dapat menaikan nilai ROA dan ROE dengan cara mengendalikan pengeluaran yang tepat sasaran dan menekan biaya operasional sehingga akan ada peningkata untuk laba bersih SHU. Sebaiknya koperasi dapat menyediakan layanan keuangan yang belum ada seperti unit usaha. Sehingga bisa memberikan keunggulan koperasi dibandingkan lembaga keuangan lain yang tidak terbatas pada satu jenis layanan. Kata Kunci : Likuiditas dan Profitabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2024 01:39
Last Modified: 02 Oct 2024 01:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70996

Actions (login required)

View Item View Item