FENOMENA K-POP DALAM MENGEMBANGKAN SOLIDARITAS ANTAR PENGGEMAR GRUP NCT (NCTZEN INDONESIA) (Studi Fenomenologi Nctzen Indonesia Pada Akun X @Nctzenbase)

Damayanti, Annisa Feby (2024) FENOMENA K-POP DALAM MENGEMBANGKAN SOLIDARITAS ANTAR PENGGEMAR GRUP NCT (NCTZEN INDONESIA) (Studi Fenomenologi Nctzen Indonesia Pada Akun X @Nctzenbase). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi 2.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena K-pop dalam membangun solidaritas antar penggemar grup NCT, khususnya NCTzen Indonesia, melalui studi fenomenologi pada akun X (@nctzenbase). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana komunikasi di akun fanbase ini berkontribusi dalam memperkuat ikatan sosial dan identitas kolektif di kalangan penggemar NCT. Metode penelitian yang digunakan adalah studi fenomenologi, yang menekankan pada pengalaman subjektif penggemar dalam berinteraksi melalui platform digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @nctzenbase memainkan peran sentral dalam membangun solidaritas melalui berbagai tindakan komunikasi. Penggemar secara aktif berbagi informasi terkini, berpartisipasi dalam kampanye kolektif, serta berbagi konten kreatif yang mencerminkan dukungan mereka terhadap NCT. Selain itu, akun ini juga berfungsi sebagai ruang untuk memberikan dukungan emosional, memperkuat hubungan antar anggota komunitas. Makna komunikasi di akun ini terletak pada pembentukan identitas kolektif dan penguatan solidaritas dalam komunitas. Penggemar merasa lebih terhubung dan memiliki rasa kepemilikan yang kuat terhadap grup serta sesama anggota fandom. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana interaksi digital dapat memperkuat ikatan sosial dalam komunitas penggemar K-pop dan menawarkan saran untuk pengembangan model solidaritas fandom dan praktik pengelolaan komunitas yang efektif. Kata Kunci : Fenomenologi, Aplikasi X, K-Pop, NCT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2024 01:31
Last Modified: 02 Oct 2024 01:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70994

Actions (login required)

View Item View Item