OPTIMASI FORMULA MINUMAN SUSU SEREAL INSTAN BERBASIS TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODE D-OPTIMAL

Dewi, Vira Ferdiani and Cahyadi, Wisnu and Yelliantty, yy (2024) OPTIMASI FORMULA MINUMAN SUSU SEREAL INSTAN BERBASIS TEPUNG SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench) MENGGUNAKAN DESIGN EXPERT METODE D-OPTIMAL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR-VIRA FERDIANI DEWI_173020102 - [REPOSITORY].docx

Download (14MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Produk sereal sarapan menjadi salah satu pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan sarapan masyarakat modern yang ingin serba cepat dan praktis. Minuman susu sereal adalah produk serbuk instan yang terbuat dari susu bubuk dan sereal, sudah dipanggang dengan atau tanpa penambahan makanan lain yang diizinkan serta merupakan produk pangan siap santap yang biasanya digunakan sebagai menu makanan pagi atau makanan sereal. Sorgum merupakan komoditas serealia lokal yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan baku produk sereal sarapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh formulasi yang optimum pada produk minuman susu sereal instan berbasis tepung sorgum menggunakan program Design Expert metode Mixture D-Optimal versi 13. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi penentuan formulasi bahan baku pembuatan sereal, penentuan variabel tetap dan variabel berubah, penentuan batas atas dan batas bawah, penentuan optimal custom design, penentuan respon, serta pengujian respon, dan penentuan formula optimal. Respon yang diamati meliputi respon kimia (pengujian kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat), respon organoleptik (pengujian hedonik atribut warna, aroma, dan rasa). Formula optimal produk sereal sorgum yang dihasilkan oleh program Design Expert terdiri dari kombinasi bahan 31,19% tepung sorgum, 13,81% tepung tapioka, dan 20,00% kuning telur. Nilai dari respon kimia diantaranya kadar air 2,44%, kadar abu 2,93%, kadar protein 13,61%, kadar lemak 10,50%, kadar karbohidrat 70,52%, dan nilai dari respon organoleptik uji hedonik diantaranya atribut warna 5,03, aroma 5,17, rasa 5,23, total kalori 129,31 kkal/30 gram. Formula optimal produk sereal sorgum yang dihasilkan oleh program Design Expert memiliki nilai desirability 0,953. Kata kunci: susu sereal, sereal sarapan, sorgum, design expert, optimasi formula.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:09
Last Modified: 01 Oct 2024 01:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70930

Actions (login required)

View Item View Item