ANALISIS KEBERLANJUTAN KAWASAN BEBAS SAMPAH DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) DI KOTA BANDUNG (LOKASI STUDI : KELURAHAN SUKALUYU RW 09 DAN KELURAHAN SUKAJADI RW 07)

Habibussalam, Muhammad Erlangga and Rochaeni, Anni and Rusmaya, Deni (2024) ANALISIS KEBERLANJUTAN KAWASAN BEBAS SAMPAH DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) DI KOTA BANDUNG (LOKASI STUDI : KELURAHAN SUKALUYU RW 09 DAN KELURAHAN SUKAJADI RW 07). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Erlangga Habibussalam_183050021_Teknik Lingkungan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan pengelolaan sampah di Kota Bandung perlu banyak yang dibenahi. Menurut data SIPSN menyebutkan bahwa besar timbunan sampah Kota Bandung perharinya menghasilkan 1594,18 ton. Maka dari itu, Pemerintah Kota Bandung mengadakan program untuk mengelola sampah di Kota Bandung. Masyarakat dapat berpartisipasi menciptakan lingkungan yang terpelihara dengan konsep “Kawasan Bebas Sampah”. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi, menganalisa, dan membuat rekomendasi dari penilaian keberlanjutan Kawasan Bebas Sampah berdasarkan hasil penilaian kuesioner dari para ahli dan masyarakat yang dipilih sebagai responden. Dalam penelitian ini digunakan metode Multidimensional Scaling dengan bantuan perangkat lunak Rapid Appraisal for Fisheries. Hasil RapOrdinasi indeks Kawasan Bebas Sampah Kelurahan Sukaluyu RW 09 sebesar 76.66 dengan status “sangat berkelanjutan”, Rap-Ordinasi indeks Kawasan Bebas Sampah Kelurahan Sarijadi RW 07 sebesar 82.49 dengan status “sangat berkelanjutan”. Hasil atribut sensitif setiap dimensi dijadikan sebagai dasar perumusan rekomendasi untuk pengembangan program Kawasan Bebas Sampah Kota Bandung selanjutnya berdasarkan kondisi eksisting yang ada. Kata Kunci: Kawasan Bebas Sampah,Multidimensional Scaling, Rapfish

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:03
Last Modified: 01 Oct 2024 01:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70928

Actions (login required)

View Item View Item