PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE PADA PT. BIOFARMA BANDUNG

Sunarya, Gina Octavia (2024) PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE PADA PT. BIOFARMA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.ingris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indo.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 .pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Pemasaran digital atau digital marketing merupakan usaha komunikasi pemasaran untuk memasarkan produk maupun brand perusahaan kepada audiens dengan menggunakan media digital atau internet sebagai perantaranya. Jika pada pemasaran konvensional melakukan komunikasi satu arah, pada pemasaran digital perusahaan dapat menggunakan komunikasi dua arah dengan konsumen. Hal ini menjadi keunggulan dari pemasaran digital untuk dapat berinteraksi dan berhubungan dengan konsumen yang dapat membangun citra merek perusahaan. Salah satu perusahaan yang menggunakan content marketing untuk memberikan segala bentuk informasi berupa kegiatan perusahaan ataupun promosi dalam upaya membangun dan mempertahankan citra merek yang baik dimasyarakat adalah PT Bio Farma. PT Bio Farma merupakan satu-satunya produsen vaksin untuk manusia di Indonesia. Permasalahan yang ada pada penelitian ini merupakan para audiens tidak mengetahui ataupun mengenali produk yang dihasilkan oleh PT.Bio Farma dan audiens yang kurang ikut berperan dalam tujuan konten yang diberikan oleh PT.Bio Farma Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Menggunakan data primer yang terdiri dari observasi non-partisipan, wawancara terstruktur, dan kuesioner atau angket, serta data sekunder dari studi kepustakaan melalui buku, jurnal dan arsip. Teknik penentuan responden adalah teknik accidental sampling dengan menggunakan rumus slovin yang ditetapkan sebanyak 37 responden. Dari penelitian ini ditemukan bahwa Content marketing yang baik dapat diwujudkan melalui pengoptimalan suatu konten yang ada pada social media PT.Biofarma dengan mempertahankan konten yang edukatif dan informatif, dengan beberapa faktor diantaranya: reader cognition (persepsi pembaca), sharing motivation (berbagi motivasi), persuasion (persuasif), decision making (pengambilan keputusan), dan factor (factor-faktor tertentu). Dari hasil penelitian ditemukan bahwan content marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand image pada PT. Biofarma yang diketahui melalui hasil uji parsial (uji T) yang menunjukkan bahwa t hitung (3,721) > t tabel (2,032). Hambatan pada penelitian ini berdasarkan hasil penelitian adalah keterbatasan konten pada sosial media dikarenakan memiliki keterbatasan dan kurangnya gimmick yang menarik audiens untuk lebih mencari tahu lebih dalam mengenai perusahaan dan tingkat persaingan yang tinggi Dalam pasar yang begitu luas pada produk obat-obatan ataupun vaksin persaingan antar merek bias menjadi suatu hambatan. Jika kualitas produk atau layanan tidak sesuai dengan ekspektasi yang dihasilkan oleh citra merek, kekecewaan pelanggan dapat terjadi. Kata Kunci: Pemasaran, Content Marketing, Brand Image

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:51
Last Modified: 30 Sep 2024 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70907

Actions (login required)

View Item View Item