KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM PROSTITUSI ONLINE MELALUI APLIKASI MICHAT (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunikasi Interpersonal Pekerja Seks Komersial Dalam Prostitusi Online Melalui Aplikasi MiChat)

Yunita, Inneke Armilda (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM PROSTITUSI ONLINE MELALUI APLIKASI MICHAT (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunikasi Interpersonal Pekerja Seks Komersial Dalam Prostitusi Online Melalui Aplikasi MiChat). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Depan - Inneke Armilda Y - 202050179.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar - Inneke Armilda Y - 202050179.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi - Inneke Armilda Y - 202050179.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I - Inneke Armilda Y - 202050179.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - Inneke Armilda Y - 202050179.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II - Inneke Armilda Y - 202050179.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN - Inneke Armila Y - 202050179.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak - Inneke Armilda Y - 202050179.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Komunikasi Interpersonal Pekerja Seks Komersial dalam Prostitusi Online melalui Aplikasi MiChat ini bertujuan untuk mengetahui cara pekerja seks komersial menggunakan pikiran mereka dalam memulai dan mengelola percakapan dengan klien saat berinteraksi di MiChat, cara pekerja seks komersial membangun identitas online mereka melalui profil dan interaksi di aplikasi MiChat, serta mencari tahu bagaimana pekerja seks komersial membentuk komunitas atau jaringan sosial di Michat. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori interaksi simbolik oleh Herbert Mead, yang berdasarkan tiga nilai utama yaitu pikiran (mind), diri (self) dan masyarakat (society). Data penelitian diperolah melalui observasi, wawancara secara mendalam, studi lapangan dan studi pustaka. Uji validitas data menggunakan teknik yaitu teknik triangulasi sumber, data dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa pemikiran yang digunakan pekerja seks komersial dalam memulai dan mengelola percakapan dengan klien saat berinteraksi di MiChat, yaitu dengan melakukan komunikasi terbuka seperti menggali informasi tentang kebutuhan klien, dan menjelaskan jenis layanan yang ditawarkan, waktu, dan tarif. Mereka memanfaatkan respons klien untuk membantu dalam pengambilan keputusan, tergantung pada situasi yang terjadi. Cara pekerja seks komersial dalam membangun identitas diri secara online melalui profil yaitu membuat profil yang menarik mencakup informasi penampilan fisik. Mereka juga membangun citra yang ramah, sopan, dan profesional dengan menggunakan bahasa yang sesuai dan menunjukkan minat dalam kebutuhan dan preferensi klien. Adanya bentuk keterlibatan dalam komunitas atau jaringan sosial di Michat membuat mereka mendapat dukungan dari sesama pekerja seks komersial atau pengguna lainnya, dan hal ini pun justru memberikan rasa solidaritas. Kata kunci: Interaksi Simbiolik, Pekerja Seks Komersial, MiChat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:23
Last Modified: 30 Sep 2024 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70902

Actions (login required)

View Item View Item