PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL PADA PUSAT BUDAYA KESENIAN BENJANG DI UJUNG BERUNG (Studi Pada Kesenian Lokal Benjang Ujung Berung Kota Bandung)

Rosanti, 204030009 and Prof .Dr.H. Horas Djulius,SE, Pembimbing (2024) PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL PADA PUSAT BUDAYA KESENIAN BENJANG DI UJUNG BERUNG (Studi Pada Kesenian Lokal Benjang Ujung Berung Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL PADA PUSAT BUDAYA KESENIAN BENJANG DI UJUNG BERUNG Studi Pada Kesenian Lokal Banjang Ujung Berung Kota Bandung) ABSTRAK Indonesia, dengan kekayaan budaya dan sumber daya alam yang melimpah, memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi lokal melalui seni dan budaya. Pertumbuhan ekonomi yang cepat dapat didorong melalui memberdayakan masyarakat dengan Pemberdayaan Ekonomi Lokal (PEL) yang berfokus pada optimalisasi sumber daya lokal, termasuk seni budaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 17 Sektor ekonomi kreatif, seperti industri kreatif yang mencakup seni pertunjukan, memainkan peran penting dalam membangun ekonomi. Penelitian ini berujuah untuk mengeksplorasi pemberdayaan ekonomi lokal melalui seni Benjang di Ujung Berung, Kota Bandung dengan fokus penelitian pada peran pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam menciptakan aktivitas seni dan ekonomi yang mendukung kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi yang menitikberatkan pada makna sosial dan lingkungan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Seni Benjang tidak hanya berdampak pada budaya lokal, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi lokal. Melalui penciptaan lapangan kerja di sektorsektor seperti pembuatan alat musik tradisional, penjahit kostum, layanan transportasi, fotografi, dan pariwisata, Benjang memberikan berbagai peluang ekonomi bagi penduduk lokal. Pendapatan dari pertunjukan langsung, penjualan produk seni, dan partisipasi dalam industri pariwisata juga turut meningkatkan kesejahteraan ekonomi daerah yang tidak terlepas dari keterlibatan pemerintah, masyarakat dan pihak swasta. Kata Kunci : Seni Benjang, pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan ekonomi lokal, ekonomi kreatif, industri kreatif, kesejahteraan masyarakat, Kota Bandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Studi Pembangunan 2020
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:12
Last Modified: 30 Sep 2024 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70866

Actions (login required)

View Item View Item