UPAYA INDIA MELALUI KEBIJAKAN ENERGI BARU TERBARUKAN (EBT) DALAM MENCAPAI NET ZERO EMISSION INDIA'S EFFORTS THROUGH NEW RENEWABLE

Husna, Nailty Manzillatal (2024) UPAYA INDIA MELALUI KEBIJAKAN ENERGI BARU TERBARUKAN (EBT) DALAM MENCAPAI NET ZERO EMISSION INDIA'S EFFORTS THROUGH NEW RENEWABLE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana upaya india melalui kebijakan energi baru terbarukan (EBT) dalam mencapai net zero emission. Sejak India meratifikasi Perjanjian Paris, upaya dan komitmen dalam implementasinya sangat diperhatikan. Hal ini mengingat Negara tersebut berkontribusi besar pada emisi global. Penelitian ini memiliki fokus untuk meneliti kebijakan maupun program energi baru terbarukan yang dilakukan India sebagai upaya nya mendorong realisasi net zero emission. Adapun teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Green Politics untuk melihat bagaimana penerapan kebijakan pemerintah akan kepentingan lingkungan, Energy Security dan Sustainable Development dalam melihat keamanan energi yang perlu diterapkan melalui pembangunan berkelanjutan. Metode yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif, dimana penulis menjabarkan dan menjelaskan fenomena yang ada berasal dari sumber dan data yang telah dikumpulkan kemudian dijabarkan melalui konsep teori yang dipakai. Sumber dari penelitian ini bersifat sekunder dengan teknik studi pustaka, dimana sumber berasal dari buku, jurnal, web, artikel, laporan resmi dan berita. Penelitian ini menemukan hasil bahwa walaupun India termasuk ke dalam peringkat CCIP (Climate Change Index Performance), kebijakan- kebijakan India menunjukkan komitmen yang kurang kuat dilihat dari pencapaian target dalam mendorong EBT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa upaya-upaya dalam kebijakan EBT India belum cukup kuat atau tidak cukup memadai dalam mencapai net zero emission negara nya pada tahun 2070. Tentunya hal ini tidak telepas dari beberapa faktor. Kata Kunci: Net zero Emission, India, Kebijakan, Energi Baru Terbarukan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:08
Last Modified: 30 Sep 2024 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70846

Actions (login required)

View Item View Item