KEKERASAN VERBAL ORANG TUA PADA ANAK MAHASISWA DI KOTA BANDUNG DALAM MENGHAMBAT KEPERCAYAAN DIRI Studi Fenomenologi pada Mahasiwa dengan Kekerasan Verbal di Kota Bandung

Tresna, Inka (2024) KEKERASAN VERBAL ORANG TUA PADA ANAK MAHASISWA DI KOTA BANDUNG DALAM MENGHAMBAT KEPERCAYAAN DIRI Studi Fenomenologi pada Mahasiwa dengan Kekerasan Verbal di Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.KATA PENGANTAR.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kekerasan Verbal Orangtua dalam Menghambat Kepercayaan Diri Anak Mahasiswa di Kota Bandung”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar dampak dari kekerasan verbal orangtua dalam menghambat kepercayaan diri anak khususnya mahasiswa di Kota Bandung yang mencakup teori dari fenomenologi Alfred Schutz yaitu Motif, Makna dan Tindakan orangtua dari mahasiswa di Kota Bandung sebagai informan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori Fenomenologi Alfred Schutz. Prosedur Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan Observasi dan Wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Kota Bandung dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian ini berdasarkan dampak dari kekerasan verbal yang dialami oleh Informan ditemukan bahwa motif orangtua melakukan kekerasan verbal itu dikarenakan budaya pola asuh turun temurun. Selanjutnya untuk Makna, ditemukan perbedaan pendapat informan dalam memaknai terjadi nya kekerasan verbal yang mereka alami. Dan untuk Tindakan, ada beberapa informan yang melakukan tindakan pembelaan diri dengan memberitahu orangtua nya jika kekerasan verbal tersebut adalah hal yang salah dan mengutarakan perasaan nya sebagai anak dari korban kekerasan verbal yang dilakukan oleh orangtuanya. Dari ketiga indikator tersebut, melalui motif, makna dan tindakan diketahui bahwa meskipun memiliki motif yang sama namun berkaitan dengan pemaknaan dan tindakan individu itu pasti berbeda di setiap pengalaman yang melatarbelakangi hal tersebut. Kata Kunci : Kekerasan Verbal, Kepercayaan Diri, Fenomenologi Alfred Schutz, Motif, Makna dan Tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 28 Sep 2024 03:47
Last Modified: 28 Sep 2024 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70814

Actions (login required)

View Item View Item