PENGARUH WORKING CAPITAL MANAGEMENT TERHADAP SUSTAINABLE GROWTH YANG DIMEDIASI PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Barang Baku yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022)

Alvian Wibisono, 194010359 and Dr. Hj.Mujibah Achyar.SE.,MM, Pembimbing 1 and Dr. Ardi Gunardi, SE.,M.Si, Pembimbing II (2024) PENGARUH WORKING CAPITAL MANAGEMENT TERHADAP SUSTAINABLE GROWTH YANG DIMEDIASI PROFITABILITAS (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Barang Baku yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III...docx

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA...docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh working capital management terhadap sustainable growth yang dimediasi oleh profitabilitas pada perusahaan yang bergerak pada barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari periode tahun 2020-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian ini sebanyak 63 perusahaan sektor barang baku yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan analisis data menggunakan metode Conditional Process Analysis dari Hayes dengan pengolahan data dengan alat bantu SPSS dan Macro Process dari Hayes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa working capital management berpengaruh positif terhadap sustainable growth dengan coeff. = 0,0135 dengan nilai signifikan p > 0,05. Penempatan modal kerja yang baik dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap sustainable growth dengan coeff. = 0,1043 dengan nilai signifikan p > 0,05. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan yang memiliki profitabilitas yang tinggi dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Working Capital Tornover berpengaruh terhadap sustainable growth dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi Hasil uji sobel menunjukkan bahwa nilai p value 0,01848131 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa profitabilitas secara signifikan memediasi pengaruh working capital turnover terhadap nilai sustainable growth. Dengan ini perusahaan sektor barang baku harus memperhatikan kembali dan mempertimbangkan lebih matang mengenai perputaran modal kerja (WCTO) dan mengatur perputaran modal kerja yang mengutamakan modal bersumber dari dana internal bukan dana dari utang untuk menghindari meningkatnya hutang dalam kegiatan usahanya. Kata Kunci : working capital management, sustainable growth, profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 28 Sep 2024 02:05
Last Modified: 28 Sep 2024 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70802

Actions (login required)

View Item View Item