PENGARUH AKSESI STEVIA (Stevia Rebaudiana) DAN KONSENTRASI MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA EKSTRAK SERBUK STEVIA

Fathurrahman, Muhammad Irfan and Syarif Assalam, Ds and Hariadi, Hari (2024) PENGARUH AKSESI STEVIA (Stevia Rebaudiana) DAN KONSENTRASI MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA EKSTRAK SERBUK STEVIA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Irfan Fathurrahman_193020102_Teknologi Pangan.pdf

Download (617kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aksesi Stevia dan penggunaan konsentrasi maltodekstrin terhadap karakteristik fisikokimia ekstrak serbuk Stevia. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 terdiri dari 2 (dua) faktor dengan 2 (dua) kali ulangan, sehingga diperoleh 18 satuan percobaan. Terdapat faktor B merupakan aksesi Stevia yang terdiri dari 3 taraf yaitu B1 (BM8), B2 (BP10), dan B3 (BP6), serta faktor M merupakan konsentrasi maltodekstrin yang terdiri dari 3 taraf yaitu M1 (10%), M2 (20%), dan M3 (30%). Respon pada penelitian ini yaitu respon fisik yang meliputi waktu larut, jumlah rendemen, higroskopisitas, densitas Kamba. Respon kimia meliputi kadar air, kadar gula total, analisis Stevioside, analisis Rebaudioside-A, dan kadar antioksidan. Penelitian lanjutan terdiri dari analisis Scanning Electron Microscopy EDS (SEM), dan analisis Fourier Transform Infra Red (FTIR). Hasil penelitian menunjukan bahwa aksesi Stevia berpengaruh terhadap respon wakut larut, jumlah rendemen, higroskopisitas, densitas kamba, kadar air, kadar gula total, analisis Stevioside, analisis Rebaudioside-A, dan kadar antioksidan. Konsentrasi maltodekstrin berpengaruh terhadap respon wakut larut, jumlah rendemen, higroskopisitas, densitas kamba, kadar air, kadar gula total, analisis Stevioside, analisis Rebaudioside-A, dan kadar antioksidan. Interaksi antara akses Stevia dengan konsentrasi maltodekstrin berpengaruh terhadap respon wakut larut, jumlah rendemen, higroskopisitas, kadar air, kadar gula total, analisis Stevioside, analisis Rebaudioside-A, dan kadar antioksidan. Pada analisis lanjutan SEM, 3 jenis aksesi Stevia terpilih dan variasi penambahan konsentrasi maltodekstrin memiliki bentuk partikel, ukuran partikel, dan elemen penyusun yang sama. Gugus fungsi yang dihasilkan oleh 3 aksesi Stevia dan variasi penambahan maltodekstrin pada analisis FTIR memiliki puncak gugus fungsi yang hampir sama, sehingga gugus fungsi yang terdapat pada ekstrak serbuk Stevia dengan jenis aksesi Stevia dan penambahan konsentrasi maltodekstrin sama. Kata Kunci : Ekstrak Serbuk Stevia, Aksesi Stevia, Maltodekstrin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 28 Sep 2024 03:34
Last Modified: 28 Sep 2024 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70797

Actions (login required)

View Item View Item