Kussuma, Hilman Fadillah (2024) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PASUNDAN (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Melalui FISIP Ambassador). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
11. KATA PENGANTAR.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini beriudul, ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PA S U N D A N (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran FISIP Unpas Melalui FISIP Ambassador). Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan FISIP Ambassador sebagai strategi komunikasi pemasaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan dilihat dari 5 aspek yaitu advertising, public relation, event sponsorship, sales promotion dan personal selling. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Integrated Marketing Communications (IMC) dari Therence A. Shimp. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi lapangan, teknik dokumenter dan teknik penelusuran data online. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan menggunakan kelima elemen tersebut melalui FISIP Ambassador untuk memasarkan instansinya. Dalam menggunakan strategi advertising melalui media digital seperti Instagram. Dalam menggunakan strategi public relations yaitu berfokus pada membangun dan menjalin komunikasi yang baik dengan semua internal maupun eksternal. Dalam menggunakan strategi event sponsorship yang dilakukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan adalah dengan mengikuti beberapa event yang bergengsi dan juga mengadakan event. Dalam menggunakan strategi sales promotion salah satunya seperti jalur penerimaan mahasiswa baru yang tidak hanya terpatok pada jalur regular, namun juga mengutamakan penerimaan pada jalur seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) atau jalur prestasi, baik prestasi akademis ataupun non-akademis. Dalam menggunakan personal selling menitik beratkan kegiatan kepada ranah individu internal agar mampu untuk setidaknya menarik perhatian masyarakat umum maupun calon mahasiswa baru. Penggunaan FISIP Ambassador pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan dirasa sudah efektif‚ karena beberapa masyarakat umum sudah aware bahwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan mempunyai seorang Brand Ambassador.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 08:08 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70782 |
Actions (login required)
View Item |