PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG SORGUM SERTA TEPUNG TERIGU DAN KONSENTRASI AMPAS KOPI ARABIKA (Coffea arabica L. ) TERHADAP KARAKTERISTIK MUFFIN

Azahra, Rachelia Arsy and Gozali, Thomas (2024) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG SORGUM SERTA TEPUNG TERIGU DAN KONSENTRASI AMPAS KOPI ARABIKA (Coffea arabica L. ) TERHADAP KARAKTERISTIK MUFFIN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rachelia Arsy Azahra_203020054_Teknologi Pangan.pdf

Download (495kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung terigu serta tepung sorgum dengan konsentrasi ampas kopi arabika (Coffea arabica L.) terhadap karakteristik muffin. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor dengan masing-masing 3 taraf (3 x 3) dengan 3 kali ulangan yaitun faktor Perbandingan tepung terigu dengan tepung sorgum (A) terdiri atas 3 taraf 2:1 (a1), 1:1 (a2), 1:2 (a3) dan faktor konsentrasi ampas kopi arabika (B) terdiri atas taraf 5% (b1), 7,5% (b2), 10% (b3). Respon yang diamati meliputi respon kimia yaitu kadar lisin, kadar kafein, kadar serat kasar pada ampas kopi arabika, kadar gula total pada muffin dan kadar serat kasar pada muffin dan respon organoleptik yaitu uji hedonik atribut warna, rasa, tekstur dan aftertaste. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan tepung terigu serta tepung sorgum dengan konsentrasi ampas kopi arabika berpengaruh terhadap warna dan aftertaste sedangkan perbandingan tepung terigu serta tepung sorgum berpengaruh terhadap tekstur dan konsentrasi ampas kopi berpengaruh terhadap rasa. Interaksi perbandingan tepung terigu serta tepung sorgum dengan konsentrasi ampas kopi arabika berpengaruh terhadap warna, rasa, tekstur dan aftertaste. Kata kunci : tepung terigu, tepung sorgum, ampas kopi, muffin, karakteristik produk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:33
Last Modified: 27 Sep 2024 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70772

Actions (login required)

View Item View Item