KORELASI SUHU EKSPRESI DENGANMETODE SCREW PRESS TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA MINYAK KACANG TANAH (Arachis hypogaea)

Dara Putra Perdana, Anugerah and jaka Rukmana, ds (2024) KORELASI SUHU EKSPRESI DENGANMETODE SCREW PRESS TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA MINYAK KACANG TANAH (Arachis hypogaea). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Anugerah Dara P.P._203020059_Teknologi Pangan.pdf

Download (535kB)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kacang tanah dapat diolah menjadi minyak nabati. Minyak kacang tanah dapat dihasilkan dengan cara eksprei dengan metode screw press. Ekspresi dapat ditambahkan dengan panas, tetapi panas dapat mempengaruhi karakteristik dari suatu bahan atau produk, khususnya pada minyak kacang tanah, karena panas dapat meningkatkan bilangan peroksida, rendemen minyak kacang tanah, dan berat jenis. Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk mencari korelasi suhu ekspresi dengan metode screw press terhadap fisikokimia minyak kacang tanah. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dengan satu faktor, yaitu suhu ekspresi dengan tujuh taraf. Penelitian yang dilakukan terbagi menjadi dua, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menentukan jumlah berat bahan awal untuk proses ekspresi. Penelitian utama dilakukan untuk mengetahui hubungan suhu ekspresi dengan karakteristik fisikokimia yang meliputi rendemen produk mengandung minyak kacang tanah, berat jenis, dan bilangan peroksida. Berdasarkan hasil analisis korelasi rendemen minyak kacang tanah dengan penyangraian sebesar 0,945 (sangat kuat) dan analisis varian menyatakan terdapat korelasi yang signifikan dengan suhu ekspresi, lalu pada rendemen minyak kacang tanah tanpa penyangraian memiliki korelasi sebesar -0,600 (kuat) dengan suhu ekspresi, tetapi analisis varian menyatakan tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan suhu ekspresi, lalu korelasi pada berat jenis minyak kacang tanah dengan penyangraian sebesar 0,040 (sangat lemah) dan analisis varian menyatakan tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan suhu ekspresi, lalu korelasi berat jenis minyak kacang tanah tanpa penyangraian sebesar -0,312 (cukup), tetapi analisis varian menyatakan tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan suhu ekspresi, lalu korelasi bilangan peroksida minyak kacang tanah dengan penyangraian sebesar 0,351 (cukup), tetapi pada analisis varian menyatakan tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan suhu ekspresi, lalu korelasi bilangan peroksida minyak kacang tanah tanpa penyangraian sebesar 0,251 (sangat lemah) dan analsis varian menyatakan tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan suhu ekspresi. Kata kunci : ekspresi, minyak kacang tanah, screw press, karakteristik, suhu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 27 Sep 2024 05:25
Last Modified: 27 Sep 2024 05:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70743

Actions (login required)

View Item View Item