Pengujian Alat Purifikasi Air yang menerapkan Evaporator- Type Heater dan Water Mist Trapper Performance evaluation of a water purification device using Evaporator Type Heater and Water Mist Trapper

Cahya, Dimas Septian Dwi and Sonawan, Hery and Supriyono, Toto (2024) Pengujian Alat Purifikasi Air yang menerapkan Evaporator- Type Heater dan Water Mist Trapper Performance evaluation of a water purification device using Evaporator Type Heater and Water Mist Trapper. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dimas Septian DC_183030064_Teknik Mesin.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Air adalah sumber daya alam yang esensial bagi kehidupan manusia. Kebutuhan akan air bersih terus meningkat, tetapi tidak dapat dipenuhi oleh ketersediaan air bersih yang ada. Air bersih sangat penting untuk keperluan rumah tangga, industri, dan tempat umum. Untuk itu penelitian ini memerlukan pengujian alat purifikasi. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik alat purifikasi tersebut dalam mengolah air yang belum siap pakai atau masih kotor. Proses yang digunakan untuk mengubah air kotor menjadi air bersih yaitu melalui proses pengkabutan air kotor dengan proses evaporasi dan kondensasi. Dari konfigurasi penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa menggunakan kecepatan udara di level 5 dan diameter nosel kabut 0,8 mm menghasilkan produksi air bersih sebesar 336 ml. Kata kunci: Air Kotor, Evaporasi, Kondensasi, Sistem Pemurnian Air.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:14
Last Modified: 27 Sep 2024 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70728

Actions (login required)

View Item View Item