Pengembangan Prototype Smart Tracker Untuk Indikasi Kondisi Keadaan Darurat Development of a Smart Tracker Prototype for Emergency Indication

Ramdhani, Muhammad Gilang and Supriyono, Toto and Hermawan, Mohammad Reza (2024) Pengembangan Prototype Smart Tracker Untuk Indikasi Kondisi Keadaan Darurat Development of a Smart Tracker Prototype for Emergency Indication. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Gilang Ramdhani_203030049_Teknik Mesin.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype smart tracker dalam keadaan darurat. Prototype ini didesain dan dipasang pada ikat pinggang, namun prototype smart tracker ini berbeda dengan ikat pinggang pada umumnya, pada prototype smart tracker ini dilengkapi oleh chip Global Positioning System yang berfungsi untuk memberikan informasi lokasi, dan menelpon dalam keadaan darurat. Tidak hanya itu ikat pinggang ini juga dilengkapi oleh sistem alarm yang berfungsi memberi informasi di lingkungan sekitar bahwa pengguna sedang dalam situasi kondisi keadaan darurat. Metode pengujian prototype smart tracker ini dilakukan dengan beberapa variabel diantaranya yaitu variabel jarak, respon panggilan darurat dan resolusi GPS, Dalam penelitian ini terdapat 2 Global Positioning System yang digunakan yaitu Global Positioning System GF-21 dan Global Positioning System GF-22, dari hasil pengujian penelitian ini pada prototype smart tracker ini menunjukan bahwa jenis Global Positioning System GF-21 memiliki resolusi yang lebih akurat dibandingkan Global Positioning System GF-22. Analisis ini dilakukan dari pengujian ini menunjukan bahwa GPS GF-21 memiliki resolusi GPS dekat jalan dengan rata rata 1,72 meter dengan respon panggilan darurat rata rata 15,73 detik dan masuk gang sempit 2,66 meter dengan respon panggilan darurat 14,73 detik. Berbeda dengan GPS GF-22 yang menghasilkan rata-rata resolusi dekat jalan 2,65 meter dengan respon panggilan darurat 29,6 detik dan masuk gang sempit memiliki resolusi 4,32 meter dengan respon panggilan darurat 31,2 detik. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengujian ini adalah penggunaan sinyal kartu SIM yang digunakan oleh Global Positioning System dan sinyal pada Location-Based Services. Dari hasil penitian ini dapat disimpulkan bahwa perancangan prototype smart tracker cukup berfungsi dengan baik dan akurat jika menggunakan GPS GF-21 dan penelitian skripsi prototype smart tracker ini juga memiliki spesifikasi usia batrai 24 jam, out power 3,7 sampai 4,2 V dan resolusi sebesar 1 sampai dengan 3,1 meter ketika keadaan dekat jalan, dan 1 sampai 4,8 meter ketika di dalam ruangan. Kata Kunci: GPS, LBS, Akurasi, Respon panggilan darurat, Smart Tracker.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:32
Last Modified: 27 Sep 2024 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70713

Actions (login required)

View Item View Item