Peningkatan Kinerja Mekanisme Kursi Dokter Bedah Tipe Roda Gigi Cacing Performance improvement of worm gear mechanism for surgical chair

Mustofa, Ibadurrahman and Santoso, Gatot and Sugiharto, S (2024) Peningkatan Kinerja Mekanisme Kursi Dokter Bedah Tipe Roda Gigi Cacing Performance improvement of worm gear mechanism for surgical chair. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ibadurrahman Mustofa_203030042_Teknik Mesin.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kekurangan dalam penelitian sebelumnya terkait mekanisme kursi dokter bedah tipe roda gigi cacing yang belum optimal. Oleh karena itu, dilakukan peningkatan kinerja pada mekanisme tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis torsi optimum yang diperlukan untuk mengangkat mekanisme kursi dokter bedah tipe roda gigi cacing, serta membandingkan hasil waktu dan kecepatan sebelum dan sesudah peningkatan kinerja, baik tanpa beban maupun dengan beban. Metode penelitian yang digunakan mencakup beberapa tahapan, yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan data, mempelajari motor DC dan mekanisme kursi sebelumnya, perencanaan proses analisis, pengadaan motor DC sesuai hasil analisa, dan penyesuaian akhir pada kursi dokter bedah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa torsi minimum yang diperlukan untuk mengangkat mekanisme adalah sebesar 3,7 Nm, namun untuk mencapai kinerja optimal diperlukan torsi sebesar 7,05 Nm. Motor yang digunakan dalam penelitian ini memiliki torsi sebesar 14,3 Nm, sehingga aman dari torsi optimum yang diperlukan. Sebelumnya, motor yang digunakan memiliki torsi sebesar 6,8 Nm, yang menjelaskan mengapa penelitian sebelumnya tidak mencapai hasil yang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mekanisme kursi dokter bedah tipe roda gigi cacing memerlukan torsi minimum sebesar 3,7 Nm untuk operasi dasar, namun torsi sebesar 7,05 Nm diperlukan untuk kinerja yang optimal. Kata kunci: Peningkatan kinerja, Roda gigi cacing, Mekanisme kursi dokter bedah, Motor penggerak, Torsi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:26
Last Modified: 27 Sep 2024 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70711

Actions (login required)

View Item View Item