Putri, Hany Kharisma (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM LAPOR DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR ISI_HANY.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_HANY.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK HANY.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR_HANY.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_SKRIPSI_HANY.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Hany_SKRIPSI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_HANY.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_HANY.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya isu-isu mengenai kebijakan publik yang terjadi selama proses pelayanan Di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Salah satunya dalam permasalahan program LAPOR!. Permasalahan dalam proses pelayanan dijadikan sebagai salah satu isu kebijakan karena dampaknya dapat dirasakan oleh setiap orang yang menggunakan layanan pada program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan proses pelaksanaan pelayanan pada program LAPOR! yang dirasa implementasinya masih kurang maksimal, dan menghadirkan suatu rekomendasi solusi untuk memaksimalkan lagi pelayanan program LAPOR! di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Dalam menganalisis permasalahan pada program LAPOR! diukur melalui 5 dimensi dari teori efektivitas program oleh Campbell (Mutiarin, 2014), yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output, dan pencapaian tujuan menyeluruh. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan program LAPOR! di Dinas Perhubungan ini belum sepenuhnya efektif. Hal ini terlihat dari beberapa permasalahan pada dimensi keberhasilan program yaitu sistem yang mengalami gangguan/error, keberhasilan sasaran yaitu belum maksimalnya kegiatan sosialisasi, kepuasan terhadap program yaitu permasalahan internal pada kurangnya pengawasan penunjang pelaksanaan pelayanan, tingkat input dan output yaitu banyaknya laporan data yang kurang jelas dan adanya aduan yang terus berulang, serta pencapaian tujuan menyeluruh yaitu kurangnya komitmen yang merata dan belum terbentuknya kebijakan sanksi tegas terkait mekanisme pelaksanaan pelayanan pengaduan. Oleh karena itu, terdapat beberapa rekomendasi dalam penelitian ini dalam bentuk upaya membangun efektivitas pelayanan pada program LAPOR! di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Dengan begitu diharapkan dapat menjadi solusi pemecahan masalah serta meningkatkan kualitas layanan program LAPOR! di Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk dapat mewujudkan meningkatkan pelayanan publik. Kata Kunci: Program LAPOR!, Pelayanan Publik, Pengelolaan Pengaduan Masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 01:33 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 01:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70691 |
Actions (login required)
View Item |