PENGUKURAN PERFORMANSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PERENCANAAN MATERIAL CAT PESAWAT NC-212 (STUDI KASUS: PT. DIRGANTARA INDONESIA)

GUPALA ALISINA, SATRIO and Asep Toto Kartaman, DS (2024) PENGUKURAN PERFORMANSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DENGAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PERENCANAAN MATERIAL CAT PESAWAT NC-212 (STUDI KASUS: PT. DIRGANTARA INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
SATRIO GUPALA ALISINA_203010192_TEKNIK_INDUSTRI.pdf

Download (829kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT Dirgantara Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang dirgantara salah satu produknya adalah pesawat NC-212 yang berlokasi Jalan Pajajaran No. 154, Husen Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Kode Pos 40174. Permasalahan yang terjadi adalah masalah pengelolaan Supply Chain Management (SCM) pada perencanaan material cat pesawat yaitu terjadi penawaran yang berbeda dengan supplier karena spesifikasi material berubah atau kadaluarsa, Schedule produksi di SAP tidak sesuai dengan actual yang menyebabkan banyak permintaan tidak terpenuhi, Quantity pada Manufacture Bill Of Material (MBOM) tidak terdefinisikan dengan baik di SAP dan resiko kerusakan atau korosi pada material pada saat penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan Mengidentifikasi potensi perbaikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya serta alternatif yang tepat pada perusahaan untuk meningkatkan kinerja Supply Chain Management (SCM) dalam perencanaan material. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan kuesioner. Penyelesaian penelitian ini menggunakan metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) dimana perhitungan pada metrik yang diperoleh dari pendekatan menggunakan metode SCOR serta setiap skor metrik akan dilakukan pembobotan prioritas yang dihitung menggunakan metode AHP. Kata Kunci: SCOR, AHP, SCM, Pengukuran Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:46
Last Modified: 26 Sep 2024 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70638

Actions (login required)

View Item View Item